Kota Tangerang Raih Adipura Kencana

TANGERANG,SNOL Di penghujung masa bakti Walikota Wahidin Halim, Kota Tangerang meraih penghargaan Adipura Kencana dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (10/6).

Piala Adipura Kencana merupakan supremasi  penghargaan tertinggi bidang kebersihan dan lingkungan hidup di Indonesia. Piala Adipura Kencana diberikan langsung Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Wali Kota Tangerang Wahidin Halim pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2013 di Istana Negara, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

“Penghargaan Adipura Kencana ini merupakan  keberhasilan masyarakat Kota Tangerang dalam membangun budaya hidup bersih,” ujar Wahidin Halim.

Dia mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih itu dan membangun budaya bersih setiap saat sehingga benar-benar menjadi budaya hidup masyarakat kota Tangerang.

Sebelumnya penghargaan Adipura Kencana selalu didominasi oleh tiga kota besar seperti Kota Surabaya, Kota Medan dan Kota Palembang.  Namun kali ini, penghargaan Adipura Kencana ini diraih oleh Kota Surabaya dan Kota Tangerang saja.

Keberhasilan Kota Tangerang meraih prestasi Adipura Kencana merupakan upaya dan komitmen yang tinggi dari Wali Kota Tangerang karena sebelumnya di tahun 2007 Kota Tangerang pernah mendapatkan julukan kota terkotor se-Indonesia.

Dengan adanya stigma ini, Pemkot bersama masyarakatnya terus membangun kesadaran tentang budaya bersih dan sehat. Hal itu dibuktikan dengan  diraihnya penghargaan  best effort atau upaya mewujudkan lingkungan yang bersih di tahun 2009,  disusul dengan diraihnya penghargaan Adipura untuk kategori kota metropolitan terbersih tiga tahun berturut-turut, yakni tahun 2010, 2011 dan 2012.

Selain penghargaan Adipura Kencana, Pemkot Tangerang juga meraih penghargaan di bidang Sarana Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap program-program kebersihan yang telah dilaksanakan diantaranya program pengelolaan persampahan.

Setibanya di Kota Tangerang, Piala Adipura Kencana diarak mengelilingi kota dari mulai Jalan MH Thamrin, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Satria Sudirman lalu berakhir di Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Beberapa Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) terlihat mengikuti arak-arakan tersebut. Seperti dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, dan beberapa instansi terkait.(hum/ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.