Sengketa Lahan Kelurahan Belum Berakhir

TANGERANG, SNOL Sengketa lahan kantor kelurahan Karang Tengah yang berada di jalan Raden Saleh seakan tak berujung. Ahli waris keukueh mengklaim itu miliknya. Pemkot ngotot berpegang pada putusan pengadilan.

Merujuk pada surat putusan pengadilan negeri 2009, Pemkot mengaku berhak penuh atas lahan seluas 800 meter tersebut. Kepala Subag Penyuluhan dan Pelayanan HAM dan Bantuan Hukum Pemkot Tangerang Sabar Naiborhu, putusan surat dari PN itu yang akan menjadi rujukan.

“Hingga saat ini kami masih akan terus merujuk pada surat putusan pengadilan tahun 2009 yang mengatakan jika lahan tersebut dimenangkan oleh pemda setempat. Jadi kemungkinan besar kami akan tetap melaksanakan putusan tersebut,” terangnya Selasa (11/6).

Namun demikian, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pengembangan terkait kasus sengketa lahan tersebut, sehingga belum bisa memutuskan waktu yang tepat untuk melakukan eksekusi.

“Permasalahan ini masih terus kami kembangkan. Jadi kami belum bisa memastikan langkah apa yang nantinya akan ditempuh untuk segera mengeksekusi lahan,” jelasnya.

Diakui Sabar, putusan pengadilan negeri yang sudah berkekuatan hukum tetap (incrah) kala itu memang seharusnya dapat dimengerti oleh ahli waris. Namun, pihaknya tidak menolak jika nanti akan dilakukan peninjauan kembali terhadap surat putusan jika pihak ahli waris mampu menunjukkan bukti lain.

“Kalau nanti ternyata pihak ahli waris punya bukti lain yang bisa membuat keputusan tersebut ditinjau kembali, silahkan saja. Tidak menutup kemungkinan juga untuk terjadinya hal tersebut,” terangnya.

Hingga saat ini, Pemkot Tangerang masih terus mengupayakan cara-cara kekeluargaan dan memberikan pengertian kepada pihak ahli waris terkait surat putusan atas lahan sengketa tersebut. Namun, pihaknya belum berencana bertemu langsung dengan pihak keluarga ahli waris.

“Biar masalah ini diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Kalau untuk mengatur pertemuan dengan pihak ahli waris memang belum. Nanti lewat kecamatan dulu yang secara letak geografis dan struktur juga lebih dekat,” ungkap Sabar. (kiki/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.