Pembukaan Porkot Tangerang Meriah

TANGERANG,SN—Setelah hampir 10 tahun lamanya vakum, Pekan Olahraga Kota (Porkot) akhirnya secara resmi dibuka, kemarin. Berlokasi di lapangan Ahmad Yani, acara pembukaan berlangsung meriah. Ratusan penari berdandan ala prajurit secara apik dan lincah memperagakan tarian Jaranan yang mendapat sambutan hangat dari semua pengunjung. Tak hanya itu, penampilan pencak silat, Wushu dan Karate juga menambah kemeriahan pesta olahraga yang berlangsung mulai tanggal 16-22 Juni mendatang.

Wakil Walikota Tangerang Arief R Wismansyah membuka acara tersebut. Dalam sambutannya dia mengapresiasi penyelenggaraan Porkot. Sebab, momentum ini bisa dijadikan ajang adu bakat olahraga yang nantinya akan melahirkan cikal bakal atlet profesional.

“Alhamdulillah, akhirnya setelah vakum dari tahun 2002 pekan olahraga ini bisa kembali dilaksanakan pada tahun ini. Dan besar harapan saya lewat ajang ini nantinya akan mampu melahirkan atlet profesional yang bisa membawa harum nama Kota Tangerang, bukan hanya skala nasional tapi juga internasional,” kata Arief, Minggu (16/6).

Dia juga menambahkan, ajang pekan olahraga kali ini bisa dijadikan momentum untuk mempersiapkan atlet berbakat yang akan maju ke tahapan provinsi. “Momen pekan olahraga kali ini memang sengaja dilaksanakan sekaligus dalam rangka menyambut pekan olahraga provinsi 2014 mendatang,” terangnya.

Bahkan, dia juga berharap jika nantinya akan ada piala bergilir yang diberikan kepada salah satu kecamatan yang keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali terbanyak. “Saya sih sudah menyarankan kepada KONI untuk dibuatkan saja semacam piala bergilir yang diberikan bagi tiap kecamatan yang keluar sebagai juara umum. Semoga nantinya bisa segera direalisasikan,” jelasnya.

Ketua KONI Kota Tangerang Dasep Sediana mengharapkan nantinya kegiatan ini bisa dilangsungkan secara rutin serta mendapatkan alokasi dana khusus dari pemerintah. “Kami berharap, nantinya pekan olahraga ini bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah berupa anggaran dana dari SKPD terkait, seperti Dispora. Karena hingga saat ini dana yang diperoleh untuk menyelenggarakan acara adalah hasil dari hibah yang tidak mengikat,” ucapnya.

Adapun anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan Porkot mencapai Rp 900 juta dengan masa persiapan hingga tiga bulan. “Jumlahnya kan enggak sedikit. Dan waktu pengumpulan juga enggak sebentar. Tapi saya bersyukur, ternyata banyak pihak yang mengapresiasi acara ini sehingga anggaran yang telah disiapkan untuk acara ini bisa terkumpul,” jelas Dasep.

Porkot ke-3 tahun 2013 menyajikan 19 cabang olahraga dengan 258 nomor olahraga yang nantinya akan diwujudkan dalam bentuk medali di setiap cabangnya, serta diikuti oleh 1500 atlet yang berasal dari 13 kecamatan. Kontingen dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Tangerang juga sudah siap ikut serta dan berjuang untuk memperoleh juara umum. (kiki/made/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.