Mobil Dinas akan Dipasangi Alat Kontrol BBM

TIGARAKSA,SNOL Mobil Dinas (Mobdin) milik Pemerintah Kabupaten Tangerang akan dipasangi Radio Frequency Identification (RFID) mulai Agustus mendatang.
Alat tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi kendaraan dinas sebagai kendaraan dengan BBM non subsidi. Realisasi pemasangan alat tersebut di Tangerang nantinya akan berbarengan dengan daerah Bogor, Depok dan Bekasi.
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang, Dede Hadijah mengatakan pemasangan RFID sebagai alat identifikasi mobil dinas yang menggunakan BBM non subsidi mengacu pada surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 050/2775/SJ tanggal 31 Mei 2013.
“Surat edaran tersebut tentang rencana implementasi sistem informasi teknologi monitoring dan pengendalian Bahan Bakar Minyak Public Service Obligation (BBM PSO). Nantinya ada semacam alat yang dipasangkan di setiap kendaraan dinas, sebagai tanda kendaraan BBM non Subsidi,” kata Dede kepada Satelit News, Selasa (18/6).
Dalam surat edaran tersebut tertuang bahwa pemerintah diminta untuk menyiapkan sistem monitoring dan pengendalian BBM PSO secara online, sampai ke SPBU PT Pertamina serta dapat diakses secara realtime, sehingga menjamin azas Accountability dan good governance di seluruh wilayah Indonesia.
“Kemudian menindaklanjuti itu, dijelaskan juga dalam surat edaran bahwa PT Pertamina saat ini sedang mempersiapkan penerapan sistem tersebut yang nantinya akan dapat mencatat data setiap transaksi BBM pada setiap SPBU PT Pertamina. Sehingga penggunaan BBM bersubsidi untuk jenis kendaraan dinas dapat diketahui,” kata Dede.
Dijelaskan Dede, sistem monitoring dan pengendalian BBM PSO pada tahap awal diimple-mentasikan di wilayah Provinsi DKI Jakarta, mulai tanggal 1 Agustus 2013. Untuk selanjutnya akan dilanjutkan sesuai dengan tata waktu atau tahapan implementasi, dengan target bisa selesai pada Juli tahun 2014 di seluruh Indonesia. Khusus untuk wilayah Tangerang masuk dalam regional Bodetabek, dengan pelaksanaannya pada bulan Agustus mendatang. (aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.