KPU Banten Klaim Penggeledahan Tak Ganggu Proses Pemilu

SERANG,SNOL Penggeledahan kantor KPU Provinsi Banten oleh tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten, Rabu (26/6) lalu diyakini tidak mengganggu proses persiapan penyelenggaraan Pemilu 2014.

Penggeledahan dilakukan dalam rangka proses penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2011 yang tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2014.
“Jadi Pemilu 2014 sama sekali tidak terganggu. Kami tetap bekerja sesuai tahapan,” kata Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna, Kamis (27/6). Agus optimistis semua personil KPU, baik komisioner maupun kesekretaeriatan tak terganggu, baik secara teknis maupun secara mental, dalam menyelenggarakan Pemilu 2014.
Dia menjelaskan, tim penyidik Kejati Banten pada saat penggeledahan hanya mengamankan sejumlah dokumen terkait pengadaan surat suara Pilgub tahun 2011.
“Penyidikan itu kan untuk kepentingan umum, tentunya kami tidak mempermasalahkan apa yang dilakukan Kejati Banten. Lagi pula yang dibawa berkas dan dokumen bukan terkait dengan tahapan Pemilu 2014, tetapi dokumen pengadaan surat suara,” ungkapnya.
Sementara itu, sejumlah sumber di Sekretariat KPU Banten menyebutkan, internal sekretariat KPU merasa terganggu, baik secara teknis maupun mental oleh penggeledahan tim penyidik Kejati Banten tersebut.
“Walaupun yang kena itu adalah mantan Sekretaris KPU, kami juga yang repot. Contohnya ketika ada penggeledahan semua disibukkan,” kata sumber di Sekretariat KPU Banten yang tidak ingin disebutkan namanya.
Sebelumnya, kantor KPU Banten yang terletak di jalan KH Sokhari, Nomor 42, Kelurahan Cipare, Serang digeledah tim penyidik dari Kejati Banten. Penggeledahan dilakukan untuk mencari berkas-berkas terkait kasus dugaan korupsi pengadaan surat suara Pilgub Banten 2011.
Kejati sudah menetapkan mantan Sekretaris KPU Banten yang kini menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banten, Erik Syehabudin, sebagai tersangkanya. Selain Erik, Kejati juga menetapkan status tersangka kepada NN, pimpinan percetakan CV RGM. (bagas/deddy/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.