Alhamdulillah, Amnesti Saudi Diperpanjang

JAKARTA,SNOL Kerajaan Arab Saudi akhirnya memenuhi permintaan untuk memperpanjang masa amnesti hingga November 2013. Para pekerja migran dan WNI bisa mengurus dokumen izin tinggal dalam waktu yang cukup.
“Alhamdullilah, terima kasih untuk doa semuanya. Amnesti Saudi diperpanjang sampai 4 November,” tulis Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, dalam akun twitter miliknya, @rieke_diah, Selasa (2/7).
Sebelumnya, masa amnesti hanya berlaku hingga 3 Juli 2013. Batas waktu berlakunya masa amnesti dinilai terlalu singkat dan tidak cukup dibandingkan banyaknya dokumen yang diajukan.
Pemerintah kemudian melobi Arab Saudi agar masa amnesti bagi TKI ilegal diperpanjang. Pemerintah juga melobi agar syarat administrasi seorang TKI untuk exit permit cukup dengan surat perjalanan laksana paspor (SPLP) yang hanya berlaku setahun.
Saudi memberlakukan amnesti kepada para warga asing yang ilegal untuk mengurus surat resmi sejak Mei sampai 3 Juli. Setelah masa itu lewat akan ada razia yang dilakukan. Beberapa waktu lalu, antrean mengurus SPLP agar tak kena razia di KJRI Jeddah sampai menimbulkan kerusuhan. Satu orang TKI meninggal dunia dan kantor KJRI Jeddah rusak.
Kabar gembira adanya perpanjangan masa amnesti bagi TKI yang tak memiliki izin tinggal disampaikan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin yang tengah berada di Riyadh. Dia memastikan sebelumnya Presiden SBY sudah mengirim surat ke Raja Saudi untuk perpanjangan amnesti. Amir bersama tim datang ke Riyadh guna memastikan bagaimana keputusan Kerajaan Arab Saudi.
Meski begitu, kata Rieke, masih ada tugas penting yang mesti dilakukan sekalipun masa amnesti telah diperpanjang. Pengurusan dokumen oleh para buruh migran dan TKI rentan dimanfaatkan para pihak yang coba mendulang untung.
“Bantu kawal sama-sama biar tidak dijadikan ladang para pemburu rente,” tulis Rieke lagi.(dem/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.