Golkar Tantang Partai Lain Segera Deklarasikan Capres

F-hajrianto_tohari-DOK JPNNJAKARTA,SNOL Partai Golkar menantang partai politik lain untuk segera mendeklarasikancalon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pemilu 2014 mendatang.
Menurut Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Y. Thohari, hal ini agar masyarakat dapat memberi penilaian terhadap sepak terjang capres-cawapres yang ada sebelum menentukan pilihannya.
“Bukankah memang parpol-parpol sekarang ini belum ada yang berani mendeklarasikan capresnya selain Partai Golkar dan Partai Hanura,” kata Hajriyanto, Selasa (2/7).
Dia menjelaskan, tidak ada istilah capres mainstream atau capres alternatif. Konstitusi negara menyatakan bahwa capres dan cawapres diajukan dalam satu pasangan oleh parpol atau gabungan parpol sebelum pemilihan umum.
Dalam konteks dan perspektif ini, setiap pasangan capres-cawapres adalah capres-cawapres alternatif bagi capres dan cawapres lainnya. Jika yang dimaksudkan capres alternatif adalah capres yang di luar nama-nama yang sudah beredar sekarang ini maka setiap parpol atau gabungan parpol diharapkan dapat segera memunculkan capres-cawapres yang akan diusungnya.
“Rakyat memang perlu diberikan banyak alternatif capres sehingga mempunyai banyak pilihan. Kini kami mengajukan appeal kepada parpol-parpol untuk segera mendeklarasikan capres-capresnya agar rakyat dapat memiliki cukup alternatif,” tegas Hajriyanto yang juga Wakil Ketua MPR RI.
Hajriyanto mengatakan, deklarasi capres yang dilakukan jauh hari sebelum pemilu lebih baik ketimbang deklarasi medekati pemilu. Karena memberikan kesempatan yang luas bagi rakyat untuk menilai sosok capres tersebut secara utuh dan komprehensif, bahkan kalau perlu untuk mengritiknya.
“Deklarasi capres-cawapres secara jauh lebih bagus daripada deklarasi capres di hari-hari terakhir. Apalagi di tikungan terakhir yang mepet waktu deadline. Sebab, rakyat tidak lagi memiliki waktu dan kesempatan untuk mempelajari sosok capres tersebut berikut track record-nya secara lebih utuh dan komprehensif dari semua sisi serta plus-minusnya,” ujar Hajriyanto.
Dengan hadirnya pasangan Wiranto-HT semakin menambah pilihan capres dan cawapres pada Pemilu 2014 mendatang. Namun begitu, Hajriyanto yang juga Wakil Ketua MPR RI itu, menambahkan, keputusan tetap ada di tangan rakyat selaku pemegang kedaulatan.
“Yang pasti parpol yang sudah menawarkan capresnya sejak dini bertujuan memberi kesempatan dan peluang kepada rakyat untuk menilainya dalam waktu yang cukup. Partai Golkar tidak mau mengajukan capres di tikungan akhir, sebab capres yang diajukan terlalu mepet waktu membuat rakyat tidak memiliki peluang untuk menilai. Kami yakin bahwa di samping ada bagian masyarakat yang tidak mendukung capres Partai Golkar, pastilah ada,” jelasnya.(wahyu/zul/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.