TNI Kirim 5 SSK Bantu Evakuasi Korban Gempa Aceh

JAKARTA,SNOL Kodam Iskandar Muda mengerahkan prajuritnya untuk membantu mengevakuasi korban gempa yang terjadi kemarin di Kabupaten Bener Meriah, Aceh.
Anggota pasukan TNI yang dikirim itu berkekuatan lima SSK (kurang lebih 150 personel) gabungan, terdiri dari 2 SSK (60 personel) dari Kodim 0106/Aceh Tenggara dan 3 SSK (90 Personel) Yonif 114/Satria Musara dibantu satuan Denbekang dan Denkes Korem 011/Lilawangsa.
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel (Cpl) Minulyo Suprapto beberapa saat yang lalu, Rabu, (3/7), menjelaskan, sesuai UU TNI 34/2004 Bab I (Ketentuan Umum) Pasal 7, salah satunya diatur mengenai Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu  membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.
Korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa ini, menurut data sementara yaitu 9 orang meninggal dan 44 orang luka-luka. Saat ini masih terus didata. Pasalnya, kemungkinan korban masih bertambah karena kurang lebih 20 orang masih tertimbun di masjid Babul Solihin dan korban lainnya yang belum diketahui.
Untuk bangunan terjadi banyak kerusakan sesuai dengan tingkatan rusak ringan, sedang dan berat, dan masih terus dilaksanakan pendataan di lapangan.
Kadispenum Puspen TNI menambahkan, TNI selalu berkomitmen akan tetap melaksanakan tugas kemanusian sebaik-baiknya.
“Organisasi TNI sudah tertata dengan baik, diawaki para prajurit yang berdedikasi tinggi, dan dilengkapi peralatan yang tergolong memadai. Bila didukung oleh komponen lain bangsa ini, tragedi kemanusiaan yang sering melanda negara diharapkan dapat ditangani secara cepat, baik, dan lancar,” tandasnya.(zul/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.