Ada Tiga Faktor yang Akhirnya Membuat Morsy Dikudeta

MursiMESIR,SNOL Meski memberikan resiko yang sangat fatal bagi transisi demokrasi, namun melengserkan Muhammad Morsy dari kursi Presiden Mesir memang satu keniscayaan dan langkah politik yang harus diambil oleh militer. Demikian disampaikan pengamat Timur Tengah, Zuhairi Misrawi, (Kamis, 4/7).
Menurut Zuhairi, ada tiga faktor yang membuat kudeta militer itu diambil sebagai pilihan politik paling mungkin saat ini. Pertama, karena Morsy tidak melaksanakan amanat Revolusi, yaitu memenuhi keadilan sosial di masyarakat Mesir.
Kedua, lanjut Zuhairi, yang mengenyam pendidikan di Al Azhar Mesir, Morsy memaksakan Konstitusi yang prematur dan bahkan mengeluarkan dekrit yang sangat kontra-produktif dengan aspirasi mayoritas warga Mesir.
Ketiga, lanjut Zuhairi, adalah karena dominasi kekuasaan Ikhwanul Muslimin. Sebagai pemimpin yang masih dalam transisi demokrasi, seharusnya Morsy mengakomodir semua kelompok di Mesir.
“Jadi amanat Revolusi yang tidak dilaksanakan, membuat konstitusi yang prematur dan hegemoni kekuasaan ini membuat Morsy akhirnya dikudeta,” demikian Zuhairi. (ysa/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.