SBY Umumkan Konvensi Capres Hari Ini

JAKARTA,SNOL Genderang konvensi calon presiden (Capres) Partai Demokrat akhirnya ditabuh. Hari ini (6/7), Ketua Umum DPP PD Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan akan mengumumkannya langsung secara terbuka.
Wakil Ketua Umum DPP PD Max Sopacua menyatakan kalau SBY akan menjelaskan proses penyelenggaraan konvensi. Misalnya, terkait tahapan hingga syarat untuk bisa mengikuti konvensi partai dengan nomor urut 7 itu. ”Besok (hari ini, Red), rencana ketua umum akan mengumumkannya, kita lihat saja,”  ujar Max saat dihubungi.
Secara garis besar, dia menjelaskan kalau konvensi akan dilaksanakan secara semi terbuka. Meski konvensi membuka peluang bagi tokoh eksternal, namun tidak semua pihak bisa masuk secara luas untuk menjadi peserta. Ada kriteria-kriteria khusus yang akan dipakai untuk menyaring.
Tiap tahapan konvensi, lanjut Max, nantinya juga akan melibatkan sejumlah lembaga survei. Persepsi publik terhadap para kandidat akan diserap. Hasilnya akan menentukan calon bisa lanjut ke tahap berikutnya atau tidak. ”Semuanya nanti akan diurus oleh komite konvensi yang mungkin juga akan diumumkan besok,” imbuhnya.
Ketua DPP PD Kastorius Sinaga menambahkan, kalau komite nantinya akan digawangi oleh sejumlah elemen. Selain diambilkan dari internal, anggota komite juga akan diambil dari sejumlah tokoh luar yang dianggap memiliki kapabilitas. ”Kalau soal siapa-siapanya (anggota komite) itu nanti lah,” kata Kastorius.
Terkait kriteria, imbuh dia, tidak akan diatur secara spesifik. Semisal, calon harus pernah menduduki jabatan setingkat menteri atau lainnya. ”Yang pasti nanti calon harus berintegritas, memiliki rekam jejak yang baik, dan sejenisnya. Kalau soal pengalaman menjabat itu tentu akan menjadi pertimbangan-pertimbangan plus bagi kandidat,” paparnya.
Menurut rencana, Presiden SBY akan menghadiri peluncuran buku Menteri ESDM Jero Wacik di Hotel Dharmawangsa Jakarta hari ini. SBY kemudian langsung bertolak ke ibukota setelah menghadiri Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional Tahun 2013 di Istana Cipanas. Meski demikian, hingga kemarin belum dipastikan, tempat dan waktu SBY nantinya akan menggelar konferensi pers terkait konvensi.
Sementara itu, terpisah, pakar komuniksi politik Tjipta Lesmana menilai konvensi Partai Demokrat yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ibarat sandiwara semata. Menurut dia, kandidat capres sebenarnya telah dikantongi SBY.
”Konvensi PD itu ibarat sandiwara untuk menunjuk calon presiden mereka yang akan maju pada pilpres mendatang, keputusan tetap akan sangat ditentukan oleh Ketua Umum PD SBY,” kata Tjipta Lesmana.
Menurut dia, figur capres PD sudah semakin mengerucut pada dua figur. Yaitu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan mantan Kepala Staf Angkatan Darat Pramono Edhie Wibowo. ”Kalau tidak ada hal-hal khusus, diantara dua itu lah yang nanti akan terpilih,” imbuhnya.
Selama ini, sejumlah nama disebut-sebut sudah mendapat undangan oleh SBY untuk mengikuti konvensi. Selain Gita Wirjawan, ada juga nama Ketua DPD Irman Gusman, mantan Ketua MK Mahfud MD, dan dari internal Ketua DPR sekaligus Wakil Ketua Majelis Tinggi Marzuki Alie. Belakangan, nama Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menkopolhukam Djoko Suyanto, hingga Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan juga disebut-sebut akan turut serta. (dyn/ken/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.