Bekas Menkes Senggol Presiden SBY

JAKARTA,SNOL Presiden SBY disebut dalam sidang lanjutan dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan (Alkes) danĀ  reagen consumable flu burung tahun anggaran 2006 dan 2007 dengan terdakwa Ratna Dewi Umar.
Adalah mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari yang menyebut nama Presiden SBY. Kata dia, saat itu keputusan untuk menyatakan flu burung dikatakan menjadi wabah atas sepengetahuan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.
“Iya (atas sepengetahuan Presiden SBY),” kata Siti saat memberikan keterangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta (Senin, 8/7).
Pernyataan itu dilontarkan Siti menjawab pertanyaan hakim ketua Nawawi P saat ditanya apakah KLB penetapan flu burung atas sepengetahuan Presiden. Nawawi kemudian menanyakan kembali ke Siti apakah atas perintah Presiden flu burung menjadi wabah. “Ya semestinya,” jawab Siti Fadillah.
Penunjukan langsung, menurut Siti, dilakukan karena memang saat itu keadaanya sudah terdesak.”Menurut saya itu keadaan darurat (jadi bisa ditunjuk langsung),” demikian Anggota Dewan Perteimbangan Presiden (Wantimpres) itu.
Dalam dakwaan Jaksa KPK, Ratna diduga bersama-sama Siti telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan melakukan penunjukan langsung terkait proyek alkes. Mulai dari pengadaan alat kesehatan dan perbekalan dalam rangka wabah flu burung tahun 2006, penggunaan sisa dana DIPA pada Direktorat Bina Pelayanan Medik Dasar Dirjen Bina Pelayanan Medik Depkes.
Kemudian pengadaan alat kesehatan untuk melengkapi rumah sakit rujukan penanganan flu burung dari DIPA APBN-P 2007 dan pengadaan Reagen dan Consumable Penanganan Virus Flu Burung. Jaksa menduga nilai kerugian negara perkara ini mencapai Rp 50,477 miliar. Jumlah itu termasuk beberapa perusahaan yang mendapat keuntungan dari pengadaan alkes.(zul/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.