H-5 Lebaran Truk Berat Dilarang Beroperasi

JAKARTA,SNOL Kementerian Perhubungan akan menyetop sementara operasionalisasi truk bermuatan berat mulai H-5 Lebaran 2013. Hal ini agar tidak menghambat perjalanan pemudik yang melintas di jalur mudik.
“Kita membuka posko mulai 24 Juli. Kita mulai atur dan kita harapkan angkutan truk pada H-5 dapat stop untuk mengutamakan pemudik,” ujar Menteri Perhubungan E.E Mangindaan di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng Jakarta, Rabu (10/7).
Menurutnya, aturan itu akan diberlakukan sejah H-5 hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri 1434H. Yang boleh melintas di jalur mudik pada rentang waktu itu hanyalah truk yang memiliki roda di bawah dua. Seperti truk pengangkut air mineral, distribusi makanan, dan distribusi BBM.
“Di atas itu jangan coba-coba lagi. Ukurannya 10 sampai 15 ton. Kita tegaskan jangan sampai dua sumbu,” kata Mangindaan.
Dia memastikan, Suku Dinas Perhubungan di daerah yang dilalui truk berat akan memberi sanksi tegas bagi pengemudi yang melanggar aturan itu.
“Dinas Perhubungan di daerah akan memberhentikan. Toh cuma sampai H+2, tidak terlalu mengganggu ekonomi,” tegas Mangindaan.(dem/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.