Telat ke Paripurna RUU Kedokteran, Mendikbud Ditegur Pimpinan DPR

JAKARTA,SNOL Rapat paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso akhirnya menyetujui Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) untuk menjadi undang-undang (UU).
Menurutnya, pengesahan regulasi yang mengatur pendidikan kedokteran cukup berliku karena telah melalui tujuh kali masa sidang dengan melibatkan Komisi X dan Komisi IX.
“Sekarang tibalah saatnya RUU tentang Pendidikan Kedokteran ini kita sahkan. Semua masukan yang disampaikan oleh sidang paripurna tetap dijadikan bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk diakomodasi nantinya baik di dalam Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Menteri terkait,” kata Priyo Budi Santoso, di gedung Nusantara II, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (11/7).
Sebelum disahkan dan pimpinan Paripurna telah membuka sidang, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh belum hadir di ruang paripurna sehingga Priyo Budi Santoso sempat menskors sidang untuk menunggu Mendikbud dan jajarannya.
Keterlambatan Mendikbud ini memberi kesempatan kepada Anggota Komisi IX Indra menyampaikan interupsi agar menteri yang datang terlambat ditegur pimpinan sidang. “Saya memberi catatan. Pimpinan harus menegur para menteri yang terlambat datang. Karena ini adalah waktu penting buat kita. Sehingga, waktu yang sudah kita jadwalkan seharusnya berjalan dengan normal, menjadi terbuang percuma,” kata Indra saat Sidang Paripurna.
Menurut politisi PKS ini, akan menjadi preseden buruk jika pimpinan tidak menegur menteri yang datang terlambat. “Saya khawatir hal ini akan terjadi di kemudian hari. Saya minta pimpinan sidang berkenan mengatasnamakan anggota dewan untuk menegur menteri yang terlambat datang,” pintanya.
Menanggapi interupsi itu, Priyo menyatakan bahwa ini saran yang bagus. Namun, ia akan mempertimbangkan untuk menegur Mendikbud.
“Saya lagi menghitung, ketika beliau datang, langsung kita tegur apakah cukup santun atau tidak. Tapi kalau itu diminta, ya apa boleh buat, ya akan saya kerjakan nanti,” jawab Priyo.
Selang beberapa menit, Mendikbud akhirnya hadir memasuki ruang Sidang Paripura, dan langsung ditegur Priyo. “Dari meja pimpinan saya menegur anda sebagai menteri, karena telat Rapat Paripurna meski undangan beliau pas, tetapi saya jalankan apa yang disampaikan Mas Indra,” kata Priyo kepada Mendikbud M Nuh.
Merasa ditegur oleh Pimpinan Sidang Paripurna, Nuh bersikap diam, dan memberi senyum kepada anggota Dewan yang menunggunya. (fas/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.