Tak Lengkap, Berkas Perkara Bos Kuali Dikembalikan

TIGARAKSA,SNOL—Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa mengembalikan berkas Bos Kuali Yuki Cs dalam kasus perbudakan pabrik kuali di Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur ke Polresta Tangerang. Polres menargetkan pekan depan berkas lima tersangka yakni Yuki Irawan, Tedi, Rojaya, Sudirman dan Nurdin yang dikenakan pasal berlapis, bisa dilimpahkan lagi ke Kejari Tigaraksa.

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Tigaraksa, Chandra mengatakan, berkas Yuki cs sudah dikembalikan Kejari ke penyidik Polresta Tangerang sepekan lalu atau disebut P19.  “Kami kembalikan arena adanya beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh penyidik Polresta Tangerang. Soal kapan diserahkannya lagi itu tergantung penyidik Polres,” kata Chandra kepada Satelit News.

Sayangnya Chandra tidak hapal berkas apa saja yang harus dilengkapi penyidik Polresta. “Saya tidak hapal persis, datanya ada di kantor,” kilahnya.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Tangerang, Ipda Rolando Hutajulu mengatakan, hampir tiga bulan kasus perbudakan yang menimpa 34 lebih buruh asal Lampung dan Cianjur ini masih dalam tahap pemberkasan. Sebelumnya pihak kepolisian sudah menyerahkan berkas perkara tahap pertama ke Kejari Tigaraksa.

“Memang betul dikembalikan lagi, karena ada yang perlu dilengkapi. Ini tindaklanjut penyerahan berkas pertama ke Kejari beberapa waktu lalu,” terangnya.

Saat ini kata Rolando, Polresta Tangerang masih terus melakukan perbaikan terhadap berkas perkara kasus perbudakan tersebut. Penyidik sendiri menargetkan pekan depan berkas dapat diserahkan kembali ke pihak kejaksaan sebagai panduan untuk proses P21. “Perbaikan berkas ini tidak mengubah pasal yang dikenakan kepada Yuki cs,” tandas Rolando.

Sebelumnya, Polresta Tangerang melimpahkan berkas perkara tersangka kasus pabrik kuali di Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang ke Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Selasa (11/6). Polresta pastikan lima tersangka yakni Yuki Irawan, Tedi, Rojaya, Sudirman dan Nurdin dikenakan pasal berlapis yakni 333, 351, 372, UU Perindustrian, UU Perlindungan Anak, UU TPPO (Traficking). (aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.