Sumber Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2014 Terbukti Berkualitas Sampah!

JAKARTA,SNOL Dipredeksi kualitas daftar pemilih Pemilu 2014 akan lebih buruk dari pemilu-pemilu sebelumnya, kata Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin. Bila melihat proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan pada Rabu lalu (10/7), tidak mustahil karut-marut Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan kembali terulang.
“Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang menjadi sumber data DPS terbukti berkualitas sampah,” kata Said, dalam keterangan tertulis beberapa saat lalu (Sabtu, 13/7).
Menurut Said, pemilih yang telah meninggal dunia, anak-anak, pemilih yang sudah berpindah tempat tinggal, dan semua pemilih yang nyata-nyata telah berulangkali dicoret oleh PPS pada pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya itu, ternyata masih saja muncul dalam DP4.
“Apakah DP4 yang buruk itu semata kesalahan Pemerintah? Tentu saja tidak. Sebab KPU juga turut bertanggungjawab atas hal itu,” tegas Said.
Merujuk pasal 32 ayat (5) UU Pemilu, lanjut Said, DP4 sesungguhnya adalah data hasil sinkronisasi dari Data Agregat Kependudukan per Kecamatan dan data WNI di luar negeri, yang pelaksanaannya dilakukan bersama-sama antara Pemerintah dengan KPU. Akibat proses sinkronisasi data yang tidak dilakukan secara optimal itulah  DP4 menjadi bermasalah. (ysa/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.