Golkar Juara Pertama, Disusul PDIP-Gerindra-Hanura

JAKARTA,SNOL Partai Golkar masih menempati urutan teratas secara elektabilitas di mata publik. Partai beringin itu dipercaya akan saling kejar dengan PDI Perjuangan merebut massa pendukung pada Pemilu 2014.
Hasil riset Lembaga Survei Nasional (LSN) menyatakan, bila pemilu dilaksanakan hari ini, Partai Golkar dan PDI Perjuangan bersaing ketat untuk menjadi pemenang.
“Golkar dan PDIP bersaing menjadi pemenang pemilu diikuti oleh Gerindra dan Hanura,” ujar peneliti LSN, Gema Nusantara, usai pemaparan hasil survei di Hotel Grand Menteng, Matraman Jakarta, Selasa (16/7).
Dia menjelaskan, dari penelitian LSN, Partai Golkar meraih 19.7 persen, PDI Perjuangan 18.3 persen, Partai Gerindra 13.9 persen, Partai Hanura 6.9 persen, Partai Demokrat 6.1 persen, PKB 4.8 persen, Partai Nasdem 4,6 persen, PAN 3,8 persen, PBB 1,4 persen, dan PKPI 0,5 persen.
“Partai Gerindra dan Hanura yang pada Pemilu 2009 menjadi dua partai terakhir yang lolos ke Senayan, juga memperoleh elektabilitas lumayan baik karena dua partai ini dipersepsikan publik sebagai partai bersih,” jelas Gema.
Survei LSN dilaksanakan pada tanggal 1-10 Mei 2013 dengan jumlah sampel 1.230 responden. Tekniknya, pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error 2,8 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.
Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Hasil survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif berupa media analisis dari sejumlah surat kabar nasional dan daerah.(ald/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.