207 Calhaj Asal Tangsel Kena Pemangkasan

SETU,SNOL Sebanyak 207 orang Calon Jamaah haji (Calhaj) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang sudah terdaftar, batal berangkat tahun ini. Itu terkait pemangkasan kuota haji di hampir semua wilayah di tanah air.
“Kota Tangsel, calon Jamaah haji yang terpangkas sebanyak 207 dari 1.483 orang yang terdaftar. Tapi yang tidak melunasi ada 211 orang,” ujar Yahya Iskandar, Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama Tangsel kepada wartawan.
Menurut Yahya, calon Jamaah haji yang terpangkas, tidak ada yang komplain. Mereka tampaknya sudah paham karena batalnya berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini bukan karena kesalahan administrasi, tapi lebih kepada kebijakan pemerintah Arab Saudi.
Sekedar diketahui, saat ini beberapa waktu lalu Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan pemangkasan kuota haji kepada Indonesia. Jika biasanya kuota haji Indonesia mencapai 215.000 orang tiap tahun, maka untuk tahun 2013 menjadi 168.000 orang.
Pemangkasan dilakukan karena saat ini Pemerintah Arab Saudi tengah melakukan renovasi Masjidil Haram. Akibat adanya perbaikan itu tempat ibadah di masjid tersebut jadi menyempit.
Para jamaah yang batal berangkat tahun ini akan diprioritaskan di tahun 2014. Kebijakan pemerintah, mereka yang terpangkas akan berangkat tahun depan.(jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.