Denny Sebut Rasio Sipir dengan Napi Tak Sebanding

F-Denny_Indrayana-DOK JPNNJAKARTA,SNOL Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Denny Indrayana, mengungkapkan, saat ini tenaga petugas keamanan Lembaga Pemasyarakatan masih jauh dari ideal.

Jumlah sipir tak sebanding dengan jumlah warga binaan (narapidana). Menurut Denny, saat ini jumlah petugas hanya 11.800, sedangkan narapidana 119 ribu orang. Sebanyak 54 ribu di antaranya adalah narapidana narkotika.
“Satu petugas keamanan harus menjaga 55 warga binaan. Ini tentu saja kurang,” kata Denny kepada wartawan, di sela-sela buka puasa bersama di Kantor Kemenkumham, di Jakarta, Rabu (17/7).
Dia mengatakan, berbagai langkah telah dilakukan oleh Kemenkumham dalam mengatasi kekurangan itu. Pertama, Denny menjelaskan, melakukan penambahan Sumber Daya Manusia. Dalam hal ini, katanya, Kemenkumham bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Badan Kepegawaian Negara. “Saat ini, kami masih butuhkan 14 ribu tenaga pengamanan,” ujar Denny.
Pada perekrutan tahun 2012, prioritasnya adalah tenaga pengamanan. Pada 2013 ini, lanjut Denny, perekrutan akan difokuskan untuk penambahan tenaga pengamanan dengan menyesuaikan kebutuhan Kemenkumham.
Langkah kedua yang dilakukan Kemenkumham, kata Denny, adalah bekerjasama dengan pihak kepolisian. “Langkah ini untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban,” pungkas bekas Staf Khusus Kepresidenan itu. (boy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.