Disperindag Bidik Produk Kadaluarsa di Pasaran

SETU,SNOL Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar sidak pangan dan non pangan guna mencegah beredarnya barang kadaluarsa di masyarakat.
Makanan dalam kemasan parsel dan yang mendapat potongan harga besar-besaran akan menjadi target petugas.
“Dalam waktu dekat ini akan kami lakukan, mulai dari pasar modern, pusat perbelanjaan, hingga pasar tradisional,” ujar Kabid Pengawasan dan Informasi Usaha Disperindag Kota Tangsel, Irma Safitri, Selasa (16/7).
Barang yang akan disidak petugas antara lain bahan pangan dan non pangan. Untuk barang pangan akan diperiksa kembali tanggal kadaluarsa dan labelnya, terutama pada pangan yang berada pada kemasan parsel dan yang sedang didiskon besar-besaran oleh suatu pusat perbelanjaan atau swalayan.
“Kami juga akan memeriksa kandungannya, apakah ada kandungan berbahaya seperti boraks. Itu akan kami cek lagi,” ujarnya. Jika nanti ditemukan pelanggaran, Disperindag akan memberikan surat teguran keras kepada pengelola usahanya.
Meski demikian, petugas akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah bentuk pelanggaran yang dilakukan dikarenakan ketidaktahuan si pengelola atau ada unsur kesengajaan. “Semua akan kami lihat,” pungkasnya.
Sidak pangan dan non pangan jelang Idul Fitri ini, rencananya digelar bersama SKPD dan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Satpol PP, Kepolisian, Koramil, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), dan BP POM.
“Bila nanti ditemukan barang berbahaya dan sudah memasuki atau mendekati tanggal kadaluarsa, oleh BP POM, maka barang tersebut akan langsung ditarik,” tuturnya. Sehingga, masyarakat bisa terlindungi dari bahan pangan maupun non pangan berbahaya. (pramita/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.