Peluang Ganti Pasangan 5 Hari Lagi

TANGERANG, SNOL Tanggal 23 Juli 2013 adalah batas terakhir bagi bakal calon (balon) Walikota Tangerang berganti pasangan apabila pasangan duetnya dinyatakan berhalangan tetap.
Ketua KPUKota Tangerang, Syafril Elain mengatakan, pergantian pasangan tersebut masih dimungkinkan. Hal ini diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasal 99 ayat 1 dan 2.
KPU Kota Tangerang menetapkan pasangan bakal calon (balon) menjadi calon walikota/wakil walikota Tangerang, pada 23-25 Juli 2013 mendatang.
“Jika ada bakal calon yang berhalangan tetap maka diberi kesempatan kepada parpol atau gabungan parpol untuk mengusulkan penggantinya, sebelum masa penetapan calon, dan itu dilakukan 3 (tiga) hari setelah salah satu balon dinyatakan berhalangan tetap,” papar Syafril.
Menurut Syafril sebelumnya, pada 10 Juli 2013, tim pemenangan Arief-Sachrudin mengirimkan surat untuk meminta pendapat KPU mengenai kemungkinan pergantian pasangan.
“Kami sudah berikan penjelasan kepada mereka (tim pemenangan Arief-Sachrudin-red), bahwa sesuai aturan hal tersebut diperbolehkan,” katanya.
Ketua Tim Pemenangan pasangan Arief-Sachrudin, Dasep Sediana mengaku bahwa itu adalah langkah antisipasi dan hal terakhir yang akan dilakukan pihaknya jika kondisi kesehatan Sachrudin tak kunjung membaik.
“Waktu itu kami ingin mempertegas mengenai yang ada dalam Peraturan KPU No 9/2012 khususnya pasal 99,” terangnya.
Mengingat kondisi Camat Pinang tersebut semakin membaik, maka kemungkinannya sangat tipis hal itu terealisasi. Selain itu, pihaknya juga sebelumnya sudah mengirimkan surat ke KPU Kota Tangerang dan tim dokter IDI Kota Tangerang, agar pemeriksaan terhadap Sachrudin bisa dijadwal ulang pada Jumat (19/7).
“Hasil dari pemeriksaan tim medis RS Siloam, tempat dimana Pak Sachrudin dirawat menyatakan beliau hanya butuh waktu selama tiga hari, sehingga fisiknya kuat dan mampu jalani tes kesehatan,” paparnya.
Masih kata Dasep, penjadwalan ulang tes kesehatan itu diperbolehkan, sebelum waktu pemeriksaan kesehatan bakal calon walikota/wakil walikota berakhir pada 20 Juli 2013 mendatang.
“Ya kami sudah mendapat izin dari KPU dan tim dokter IDI Kota Tangerang. Mudah-mudahan, tes kesehatan Pak Sachrudin bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (made/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.