1,4 Juta Surat Suara Pilkada Kota Tangerang Siap Dicetak

TANGERANG, SNOL Sebanyak 1,4 juta lembar surat suara untuk Pemilukada Kota Tangerang sudah siap dicetak. Saat ini proses tender pengadaan sudah selesai dan telah mendapatkan pemenangnya.

Adapun rinciannya dari 1,4 juta tersebut adalah, pemilih sebanyak 1.242.880 orang yang didasarkan pada daftar pemilih potensial pemilu (DP4) ditambah 2,5 persen dari jumlah DP4.

“Jadi berdasarkan data DP4 itu jumlah warga pemilih adalah sebanyak 1.242.880 jiwa, ditambah 2,5 persen dari 1.242.880 tersebut untuk surat suara cadangan. Kalau ditotal sekitar 1,4 juta suara yang akan dicetak untuk kebutuhan pencoblosan 31 Agustus nanti,” ujar Suyitno Adang, Ketua Pokja Logistik KPU Kota Tangerang, kepada wartawan Kamis (18/7) di ruangannya.

Untuk tender, lanjut Adang dilakukan melalui sistem Lelang Pengadaan Secara Elektornik (LPSE) yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang. “Jadi KPU tidak terlibat apapun dalam proses pengadaan atau tender. Semua dilakukan melalui LPSE di Pemkot Tangerang,” kata Suyitno.

Namun untuk memulai percetakan, pihaknya menunggu dilakukannya penetapan pasangan calon. Kebutuhan logistik untuk pemilukada, lanjut Suyitno, yakni selain suara adalah kotak suara, bilik suara, tinta, paku, bantalan pencoblosan, name tag dan sejumlah berkas formulir.

“Untuk kebutuhan kotak suara ada 4 ribu kotak suara. Kotak suara sudah ada bekas penggunaan pemilu legislatif dan pemilu sebelumnya, tapi sebagian perlu direnovasi karena ada yang rusak,” kata Suyitno.

Untuk bilik suara, lanjut Suyitno, tidak ada pengadaan, karena memang masih banyak yang layak untuk dipakai. “Total semua tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Tangerang ada 2.921 TPS,” kata Suyitno.

Disinggung soal logistik yang sudah disebar pihaknya mengingat sesuai tahapan proses pendistrubusian sudah dimulai, dia mengatakan, beberapa logistik yang sudah dibagi di an-taranya adalah, topi, tas, kaos sertra catatan (notes). “Untuk perlengkapan di TPS, logistik didistribusikan H-3, di PPS H-2 dan ke KPPS pada H-1,” pungkasnya. (made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.