Kades Dilantik, Kantor Desa Disegel

CIKUPA, SNOL Warga Desa Talagasari, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang masih menolak hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar beberapa waktu lalu.
Mereka tetap menuntut digelarnya Pilkades diulang. Bahkan, meski Kades terpilih sudah resmi dilantik, Senin (22/7), mereka tetap menyegel kantor desa.
Paono, warga sekitar mengatakan aksi penyegelan pintu-pintu kantor desa dan pagar kantor desa sudah berlangsung sekitar 1 minggu. “Belum ada yang buka. Informasinya nunggu dibuka sama polisi, jadi pelayanan sudah tidak berjalan sejak seminggu ini,” paparnya kepada Satelit News kemarin.
Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengakui masih ada polemik di tengah pelantikan Kades saat ini. Namun, pihaknya berharap hal itu bisa segera diselesaikan guna kelancaran pelayanan publik di desa tersebut.
“Aspirasi jangan sampai menimbulkan tindakan anarkisme. Mudah-mudahan Kades yang baru dilantik ini bisa membangun desanya dengan lebih baik lagi, mengingat desa adalah ujung tombak otonomi daerah,” papar Maesyal.
Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menambahkan, berdasarkan keputusan Bupati Tangerang Nomor 141.1/Kep.377-Huk/2013 sampai dengan Nomor 141.1/Kep.521-Huk/2013 tentang Pengesahan pengangkatan kepala desa terpilih sebagai kepala desa, sebanyak 145 Kepala Desa dari 147 Kepala Desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 30 Juni 2013 yang lalu.
“Baru dilantik 145 Kades sedangkan dua desa lagi harus menggelar Pilkades lagi setelah lebaran nanti. Nah, sejauh ini sudah ada kesiapan dari kedua desa tersebut. Panitianya juga nanti disarankan untuk mempelajari sistem barcode, untuk mengantisipasi pemilih ganda atau pemilih dari luar desa. Sehingga pelaksanaan Pilkades ulang bisa berjalan kondusif,” paparnya.
Dua yang desa akan menggelar Pilkades ulang yaitu Desa Pangkalan Kecamatan Teluknaga dan Desa Pondok Jaya Kecamatan Sepatan. Untuk Desa Pondok Jaya akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 213. Sedangkan Desa Pangkalan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2013.
“Untuk teknis pengamanannya kami akan berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim. Sementara itu untuk hasil 145 Pilkades dari 83 calon Kades incumbent yang bertarung yang terpilih kembali 24 orang. Dari 38 calon Kades perempuan yang terpilih menjadi Kades sebanyak 6 orang,” pungkasnya. (aditya/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.