Kota Tangerang Tak Dapat Jatah Kuota CPNS

TANGERANG, SNOL Tahun 2013 ini, Pemerintah Kota Tangerang kembali tidak mendapatkan jatah kuota Calon Pegawai Negeri Sipil.
“Tahun ini Kota Tangerang tidak dapat jatah CPNS lagi. Kuota provinsi dialokasikan untuk daerah pemekaran, sepetri Kota Serang, Tangsel dan Cilegon,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Karir (Bangrir) pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangerang, Jatmiko, Selasa (23/7).
Dugaan lain yang menjadi penyebabnya adalah anggaran belanja pegawai besarannya masih tinggi. “Mungkin anggaran belanja pegawai kita masih di atas 50 persen. Oleh karena itu, masih terkena moratorium. Tapi, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan kepada DPKAD (Dinas Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah) setempat yang lebih mengetahui detailnya,” ungkapnya.
Untuk tahun 2013, hanya ada tiga wilayah di provinsi Banten yang mendapatkan jatah CPNS dengan masing-masing pembagian 50 untuk Serang dan Cilegon, serta 100 untuk Kota Tangsel.
“Ketiga daerah itu memang masih masuk dalam daerah pemekaran. Yang sudah pasti membutuhkan banyak pegawai untuk membantu kinerja di kota tersebut. Kalau kita mungkin dianggap sudah cukup,” pungkasnya.
Adanya keputusan ini mendapat tanggapan beragam dari masyarakat yang berhasrat menjadi pegawai negeri. Hal ini mengingat di antara mereka ingin mengikuti kategori CPNS umum. Ahmad Aliudin misalnya.
Alumni Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) ini mengku kecewa lantaran Kota Tangerang yang tak mendapatkan jatah CPNS.
“Kecewa pasti iya. Saya enggak tahu apa penyebabnya. Atau memang kali ini Kota Tangerang tak diprioritaskan dengan kategori umum mengingat jumlahnya yang sudah bertumpuk,” ujar Ahmad.
Berbeda dengan Ahmad, Rina Yulianti salah seorang alumni Akademi Keperawatan di Ciledug mengaku wajar soal Kota Tangerang yang tak dapat jatah CPNS. Sebab anggaran belanja pegawai yang membengkak juga bisa berpengaruh pada laju stabilitas perekonomian di daerah tersebut.
“Saya berharap pemerintah bisa mengantisipasi hal ini dan mengajukan beberapa upaya untuk pengurangan pengangguran di Kota Tangerang ini,” ujarnya.(kiki/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.