Dahlan Iskan Dukung Pembangunan Tol Pematang Raya

Tingkatkan Ekonomi Wisata dan Pertanian Karo – Simalungun
BERASTAGI,SNOL Meneg BUMN Dahlan Iskan mendukung rencana besar pembangunan jalan tol Pematang Raya Simalungun – Bandara Kuala Namu. Langkah ini dipandang strategis karena dapat menumbuhkan industri pariwisata yang ada di beberapa kabupaten di Sumatera Utara, seperti Karo , Simalungun dan pinggiran Danau Toba.
Dijelaskan Dahlan, rencana pembangunan jalan tol antara Pematang Raya – Bandara Kuala Namu sebenarnya sudah diretas oleh Bupati Simalungun JR Saragih. Dimana, hal itu telah dimulai melalui programĀ  karya bakti TNI Kodim 0207 Simalungun pada Mei 2013 lalu.
Saat itu, pelaksanaan karya bakti TNI Kodim 0207 Simalungun membangun jalan penghubung Kecamatan Silou Kahean dengan Kabupaten Deli Serdang (Kuala Namu) dan ibu kota kabupaten Pematang Raya, sepanjang 31,1 kilometer dan lebar empat meter.
Nantinya, langkah langkah awal ini sesuai grand design yang telah digambarkan akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan tol.
“Ini kan langkah baik bagi pengembangan ekonomi wisata dan pertanian di seputar daerah sini, jadi akses tidak lagi harus memutar Medan, ” ujar Dahlan usai peresmian Rumah Sakit Efarina Etaham, Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Karo, Rabu (24/7) siang.
Jika nantinya terwujud, untuk sampai ke Bandara Kuala Namu dari Karo tentunya akan semakin terasa dekat karena hanya memakan jarak tempuh kurang lebih 100 kilometer dengan melalui jalan Negara Kabanjahe – Pematang Siantar. Selain itu tingkat kepadatan arus kendaraan juga tidak akan seramai jika melintasi Jalan Berastagi – Medan.
Dahlan Iskan juga meminta pembangunan jalan tol Medan – Binjai yang harus dimulai tahun ini juga.
“Ada atau tidak ada uang, jalan tol Medan-Binjai harus dibangun tahun ini. Sudah tidak lagi memungkinkan dengan kondisi seperti sekarang, ” tegas Dahlan. (nan/smg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.