Jalur Mudik ke Arah Merak Gelap Gulita

SERANG, SNOL Jalur mudik di Provinsi Banten dipastikan tidak ada pemasangan penerangan jalan umum (PJU). Artinya, jalur mudik yang akan dilalui pemudik khususnya arah Merak akan gelap gulita.
Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Banten Cepi Suwargi, Kamis (25/7) mengatakan, tahun 2013 tidak ada pemasangan PJU baik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten maupun oleh pemerintah pusat. “Tahun ini tidak ada pemasangan PJU, apalagi di jalur mudik,” kata Cepi singkat.
Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Jalan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Perhubungan (Dishubkominfo) Provinsi Banten, Falah Fardina menjelaskan, guna membantu pemudik dan kelancaran arus mudik, pihaknya telah memasang lima rambu portable larangan angkutan barang dari Kementerian Perhubungan yang mulai dipasang di sejumlah titik jalur mudik di Provinsi Banten.
“Kami sudah pasang rambu portable larangan angkutan kendaraan di sejumlah titik pada jalur mudik,” ujarnya.
Rambu portable yang dipasang tersebut, kata Falah, adalah rambu larangan bagi kendaraan sumbu lebih dari dua pada tanggal 4 Agustus. “Larangan itu tidak berlaku bagi kendaraan BBM, BBG, ternak, bahan pokok, susu murni, dan barang antaran pos. Larangan angkutan barang diberlakukan sejak tanggal 4 sampai 8 Agustus,” ungkapnya.
Dari sisi keamanan mudik, Kepolisian Daerah (Polda) Banten menerjunkan puluhan pasukan penembak jitu di berbagai titik di jalur mudik. Hal itu diungkapkan Kapolda Banten, Eddy Sumantri saat menggelar konfrensi pers persiapan jelang mudik 2013, Kamis (25/7).
Eddy mengungkapkan, dalam musim mudik kali ini pihaknya akan bekerja 1×24 jam perhari, sehingga seluruh pemudik yang menggunakan jalan merasa nyaman dan tidak perlu khawatir dengan berbagai tindak kejahatan.
“Untuk keamanan kita maksimalkan dengan puluhan sniper yang sudah diturunkan diberbagai titik-titik tertentu, khususnya Pelabuhan Merak dan terminal-terminal” ujar Eddy.
Kapolda mengimbau agar para pemudik menghindari melakukan perjalanan pada 2 hingga 4 Agustus mendatang. Sebab dalam rentang tiga hari tersebut diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik 2013.(ned/app/rus/igo/deddy/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.