1.230 Calhaj Tangsel Jalani Tes Kesehatan

PAMULANG,SNOL Setelah beberapa tahun sebelumnya dikerjasamakan dengan rumah sakit swasta, tahun kedua ini seluruh tes kesehatan jemaah calon haji (Calhaj) diselenggarakan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).
Hingga tiga hari ke depan, sebanyak 1.230 jamaah Calhaj asal Tangsel bakal menjalankan tes kesehatan dan pemberian vaksin meningitis.
“Pemeriksaan calhaj berlangsung tiga hari dengan melibatkan 12 dokter untuk memeriksa 1.230 jemaah. Setiap harinya sebanyak 400 jamaah diperiksa,” kata Tulus Muladiyono, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Tangsel.
Dari 12 dokter tersebut terdiri dari 10 dokter umum dan 2 dokter spesialis. Pemeriksaan pertama yang dilakukan yakni pemeriksaan fisik, laboraturium bagi penderita yang mempunyai penyakit kronis dan pemeriksaan penyakit jantung. Semua ini dilakukan untuk mengecek ulang kesehatan jemaah sebelum diberangkatkan ke tanah suci.
Pemeriksaan kesehatan ini tidak dipungut biaya. Kemarin, jemaah haji yang melakukan tes kesehatan diantaranya asal Kecamatan Serpong Utara, Serpong dan Pondok Aren. Selanjutnya dua hari kedepan, akan dilangsungkan bagi jamaah haji asal Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur dan Setu.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Agus Salim mengatakan kuota haji untuk Kota Tangsel tahun ini sebanyak 1.230 jemaah. Kloter haji asal Tangsel rencananya bakal mulai diberangkatkan di pertengahan September ini. “Dipertengahan September akan diberangkatkan kloter pertama,” ungkapnya.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten Iding Mujtahidin mengatakan Calhaj asal Kota Tangsel menjadi calon haji kloter pertama yang berangkat ke Mekah dari Provinsi Banten. Sebanyak 450 calhaj tergabung dalam kloter tersebut.
Mereka akan dilepas dari Pemkot Tangsel pada 11 September 2013. Kemudian, akan take off dari Bandara Halim Perdana Kusumah ke Madinah, Arab Saudi pada 12 September 2013. ”Rencananya, pelepasan kloter pertama ini akan dilakukan langsung oleh Ibu Gubernur Banten didampingi Wali kota Tangerang Selatan,” kata Iding.
Secara keseluruhan, kata Iding, jumlah calon haji asal Provinsi Banten yang akan berangkat tahun 2013 sebanyak 6.834 orang, setelah ada pemotongan kuota 20 persen dari jumlah kuota 2013 sebanyak 8.541 orang. Pada tahun ini jumlah calon haji asal Provinsi Banten terbagi dalam 15 kloter. Ke 15 kloter tergabung dalam dua gelombang.
Gelombang pertama akan diberangkatkan pada 11 September hingga 22 September 2013 sebanyak tujuh kloter, yakni kloter 4 asal Kota Tangsel 11 September, kloter 5 asal Kota Tangerang 12 September, kloter 6 asal Kabupaten Serang 13 September, kloter 10 asal Kabupaten Tangerang 16 September dan kloter 12 asal Kota Cilegon diberangkatkan pada 17 September 2013.
”Sisanya dua kloter yakni 18 dari Kota Tangerang dan kloter 19 dari Kota Serang akan diberangkatkan pada 22 September,” katanya. (irm/bnn/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.