Masa Tenang Pilkada Kota Tangerang Dicemari Baliho

TANGERANG,SNOL Masa tenang pemilukada Kota Tangerang 31 Agustus lusa, saat ini tak sepenuhnya steril dari atribut kampanye.
Di sejumlah titik, aneka rupa atribut kampanye masih jelas terpampang. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sendiri sudah melakukan penertiban di sejumlah tempat, namun hal itu belum mencakup keseluruhan.
Pantauan koran ini kemarin, atribut kampanye dalam ukuran besar beredar di jalan protokol dan gang-gang. Salah satunya adalah di Jalan MH. Thamrin dan di jalan Setneg, Kebon Nanas. Di Jalan Setneg, atribut kampanye milik seluruh pasangan seolah berlomba adu besar.
Atribut-atribut ini juga sudah mulai beredar jauh sebelum masa penetapan pasangan calon. Sementara di Jalan MH. Thamrin atribut berbentuk baliho raksasa juga jelas terlihat. Padahal sesuai dengan ketentuan, mulai kemarin, alat peraga kampanye harusnya tidak boleh terpasang lagi.
Ketua Panitia Pengawas Pemilu, Takhono mengatakan, pihaknya akan bertindak membersihkan segala bentuk atribut kampanye. “Mulai hari ini sampai pencoblosan adalah masa tenang. Tidak boleh lagi ada kampaye atau atribut di jalan-jalan dan fasilitas umum. Kalau masih ada kita copot semua,” kata Ketua Panwaslu Kota Tangerang Takhono, Rabu (28/8).
Ketua Pokja Kampanye KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri mengatakan, saat memasuki masa tenang, tidak diperkenankan adanya kegiatan lagi kecuali bimbingan teknis untuk saksi.
“Masa tenang itu ya seperti nyepi, agar saat pencoblosan nanti benar-benar bersih tidak dipengaruhi apapun. Kampanye menjelang pencoblosan akan menganggu ketenangan masyarakat. saat pencoblos harus mengikuti suara hari dan akal sehatnya, bukan karena iming-iming uang atau apapun,” katanya.
Syaeful menjelaskan, kampanye itu kumulatif seperti ada visi-misi, ada pasangan calon dan ada unsur mengajak memilih. Dia berharap masyarakat turut memantau masa tenang.
“Kalau ditemukan, diharapkan masyarakat melaporkan ke Panwaslu. nanti tinggal diuji di Panwaslu apakah memenuhi unsur,” katanya. (made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.