Sering Makan Ikan Kurangi Risiko Radang Sendi

SNOL. Ikan sudah lama dikenal sebagai sumber nutrisi yang sangat kaya dan bermanfaat. Sebuah penelitian terbaru menambah panjang daftar manfaat makan ikan, yakni mengurangi risiko salah satu jenis radang sendi yakni rheumatoid arthritis.
Penelitian yang melibatkan lebih dari 32.000 perempuan tersebut menunjukkan bahwa, risiko rheumatoid arthritis berkurang berkat konsumsi ikan secara rutin. Dibandingkan jika tidak makan ikan, perempuan yang terbiasa makan ikan memiliki risiko 29 persen lebih rendah.
Manfaat ini khususnya didapat dari jenis ikan yang banyak mengandung lemak, seperti salmon, mackarel dan herring. Jenis-jenis ikan tersebut mengandung salah satu nutrisi penting yakni omega 3, yang memang dikenal bisa mengurangi risiko radang sendi.
Temuan ini tidak lantas membuktikan bahwa makan ikan bisa menyembuhkan radang sendi, tetapi cukup efektif untuk mencegah. Kandungan omega 3 dalam ikan-ikan tersebut memberikan efek perlindungan, sehingga sendi-sendi lebih awet dan terlindungi dari kerusakan.
Meski demikian, para ilmuwan tidak menampik adanya kemungkinan bahwa omega 3 bisa meredakan radang atau inflamasi. Rhematoid arthritis disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sendi, lalu menyebabkan radang kronis yang makin lama makin memburuk.
“Ini sesuai model bologis yang sangat memungkinkan,” kata ahli rhemautologi dari Brigham and Women’s Hospital, Dr Daniel Salomon, seperti dilansir laman Philly, Minggu (8/9).
Rheumatoid arthritis bisa dihindari dengan banyak cara, termasuk di antaranya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Olahraga teratur, makan makanan dengan nutrisi seimbang dan menjaga berat badan tetap ideal adalah beberapa cara yang bisa mencegah radang sendi kronis tersebut. (fny/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.