MenPAN-RB Anggap BPN Sudah Berubah

JAKARTA,SNOL Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengapresiasi sejumlah inovasi pelayanan yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN).
Mulai dari penerapan teknologi informasi, peningkatan diklat pegawai, perampingan organisasi, serta pelayanan.
“BPN dalam enam bulan terakhir telah melakukan perubahan yang cukup besar. Namun kami mendorong agar reformasi birokrasi di lingkungan BPN ini bisa berjalan lebih cepat lagi,” ujar Azwar dalam keterangan persnya, Rabu (11/9).
Hingga kini pemerintah sudah menyelesaikan 64 kementerian/lembaga. Sementara masih ada 12 yang masih dalam proses, diantaranya BPN. “Kalau bisa dipercepat, saya harapkan BPN bisa mendapat tunjangan kinerja tahun depan,” tambahnya
Politikus PAN ini juga mengapresiasi pemberdayaan masyarakat melalui pensertifikatan tanah, sehingga pemilik tanah memiliki akses permodalan, seperti yang dilakukan di Kabupaten Semarang dan beberapa daerah lainnya.
“BPN ternyata peduli juga dengan peternak sapiperah, petani tanaman obat-obatan. BPN bersinergi dengan pemerintah kabupaten, perbankan dan LSM untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” tambah Azwar.
Dia juga mengungkapkan sejumlah persoalan yang perlu diselesaikan. Contohnya dualisme pengaturan notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), yang dinilai berpotensi menimbulkan konflik kepentingan, dan mengganggu kecepatan pelayanan publik. (esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.