Pemkot Dorong Kaum Muda Peduli Sampah

TANGERANG, SNOL Kaum muda diharapkan aktif dalam berbagai kegiatan. Selain sebagai sarana peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan, hal itu juga sebagai upaya mereka turut andil dalam pembangunan. Seperti halnya kegiatan yang dilakukan kaum muda yang terhimpun dalam Himpunan Orang Muda Peduli Sampah atau Hompimpah.
Bertempat di SMK 2 Kota Tangerang, Sabtu (14/9). Para pemuda yang sebagian besar pelajar ini berkumpul dalam kegiatan yang bertujuan meningkatkan kepedulian kaum muda terhadap lingkungan sekitar, termasuk sampah. Plt Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat berdialog dengan para pemuda dan pelajar yang memadati halaman SMK 2 Kota Tangerang mengajak kaum muda untuk sama-sama mencintai sampah. Menurutnya, sampah bukan lagi sesuatu yang menimbulkan masalah tetapi sekarang sampah justru dapat dijadikan sesuatu yang bermanfaat.
“Sampah bukan musuh kita, sampah itu teman kita. Bukan lagi sumber masalah tapi sekarang bisa dimanfaatkan,” ujarnya. Arief juga mengajak seluruh pihak untuk sama-sama membangun kepedulian masyarakat dalam pelestarian lingkungan salah satunya dengan memilah sampah melalui program bank sampah yang sudah berjalan di Kota Tangerang. Karena selain akan terasa lebih nyaman karena lingkungan menjadi bersih, pemilahan sampah juga akan meringankan tugas dinas kebersihan.
Khusus bagi pelajar, pemilahan sampah juga dapat ditindaklanjuti dengan pelatihan keterampilan dengan memanfaatkan sampah-sampah daur ulang untuk dibuat berbagai bahan kerajinan tangan seperti tas, tempat pensil dan peralatan lainnya. Selain itu program bank sampah di sekolah juga dapat dijadikan pembelajaran bagi pelajar terhadap kepedulian ekonomi. Karena seperti yang sering diungkapkan Arief di berbagai kesempatan bahwa sampah yang dipilah, seperti kertas, plastik dan logam itu dapat dijual sehingga menghasilkan uang.
Dana yang terkumpul dari hasil penjualan sampah yang sudah dipilah dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Jadi konsep sampah sebagai teman benar-benar terasa oleh pelajar nantinya. Ketua Hompimpah Romi Hamidin menjelaskan acara ini bertujuan meningkatkan kepedulian kaum muda dalam pelestarian lingkungan khususnya pengelolaan sampah. (made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.