Atribut Politik Masih Marak, Panwaslu Tangsel Tebang Pilih

SERPONG, SNOL Nyali Panwaslu dan Satpol PPKota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam menertibkan atribut politik milik caleg patut dipertanyakan.

Hal ini menyusul masih banyaknya atribut partai politik dan caleg di zona terlarang. Padahal, Panwaslu dan Satpol PPsudah menertibkan atribut-atribut itu pada Sabtu (14/9) lalu.
Terpantau di Jalan Raya Serpong yang merupakan jalan yang masuk ke dalam zona terlarang dipasangi atribut politik, masih ada beberapa reklame dengan atribut politik caleg DPR RI Andi Achmad Dara dan calon anggota DPD RI Andiara Aprilia Hikmat, yang tidak ditertibkan.
Kelompok Kerja (Pokja) sosialisasi dan Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Badrusalam mengatakan hal itu jelas melanggar aturan. Karena KPU telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang melarang pemasangan atribut politik di 17 zona terlarang.
“Hal ini jelas melanggar aturan, karena sesuai dengan SK yang dikeluarkan seharusnya tidak ada lagi atribut politik di zona terlarang. Dan ini melanggar aturan,” ujarnya, Senin (16/9).
Badrus juga mengatakan, tidak hanya di SK KPU tentang 17 titik terlarang yaitu, No 27/Kpts/KPU-Tangsel-015.436901/VIII/2013, tetapi juga diatur dalam Peraturan KPU nomor 1 dan nomor 15 tahun 2013 tentang kampanye, di mana jalan protokol tidak boleh dipasangi alat peraga.
“Aturannya sudah jelas, dan penertibannya itu ada di ranah Panwaslu dan juga Satpol PP Tangsel,” terangnya.
Ketua Panwaslu Tangsel Engelhartia Bhayangkara membantah tidak berani menertibkan billboard milik caleg DPR RI Andi Ahmad Dara. Engelhartia malah mengaku pada saat penertiban serentak di 17 titik, Sabtu (14/9) lalu Satpol PP kekurangan alat untuk menertibkan. “Saat itu Satpol PP kekurangan alat untuk menurunkannya,” kilahnya.
Engel mengaku akan melanjutkan penertiban atribut politik tersebut, terutama yang berada di zona terlarang tersebut. “Kami akan lanjutkan penertibannya, di tingkat Panwascam di masing-masing kecamatan,” tegasnya.
Diketahui 17 titik itu adalah, Jalan Raya Serpong, Jalan Pahlawan Seribu, Jalan Buaran Rawa Buntu, Jalan Raya Puspiptek, Jalan Raya Puspitek, Muncul, Jalan Raya Siliwangi, Jalan Surya Kencana, Jalan Setia Budi, Jalan Padjajaran, Jalan Otista, Jalan Dewi Sartika, Jalan Ir. H. Juanda, Jalan RE Martadinata, Jalan Cabe Raya, Jalan Cirendeu Raya, Jalan Aria Putera dan Jalan Jombang Raya.(dra/bagas/deddy/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.