Ratusan Pustakawan Ikuti Bintek

PANONGAN,SNOL— Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Pengelolaan Perpustakaan, Kamis (26/9).  Acara yang diselenggarakan di Sport Club Citraraya, Kecamatan Panongan ini diikuti 100 orang pustakawan perwakilan dari setiap kecamatan dan sekolah.

Kepala Kantor Perpustakaan Yusrizal mengatakan Pemkab Tangerang telah memiliki Peraturan Bupati Nomor 54/2011 tentang penyelenggaraan perpustakaan di Kabupaten Tangerang. “Untuk itu kami malaksanakan kegiatan Bintek ini dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan Perpustakaan,” ujar Yusrizal.

Kantor Perpustakaan Daerah ini mempunyai peranan untuk melaksanakan pembinaan terhadap penyelenggara perpustakaan yang ada di Kabupaten Tangerang. “Saya berharap kepada para peserta Bintek agar mengikuti kegiatan dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi untuk mengelola perpustakaan di masing-masing wilayah. Guna meningkatkan minat baca bagi masyarakat menuju Kabupaten Tangerang gemilang,” imbuhnya.

Asisten Bidang Adminstrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang Didi Budiharta mengatakan, guna mendukung pengelolaan perpustakaan daerah menjadi lebih baik, saat ini Pemkab Tangerang sedang membangun kantor perpustakaan di lingkungan Puspemkab Tangerang. “Setelah pembangunan selesai kami harus memiliki pustakawan-pustakawan yang mumpuni dalam pengelolaannya,” tegasnya.

Pemkab Tangerang telah memiliki mobil perpustakaan keliling sebanyak dua unit. “Rencananya pemerintah pusat akan memberikan hibah mobil perpustakaan keliling sebanyak 3 unit. Sehingga kami bisa memberikan pelayanan-pelayanan bagi pembaca di wilayah terpencil di Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Promosi Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang, Ernawati menambahkan dalam bintek ini peserta diberikan pengetahuan untuk mengelola perpustakaan mulai dari penempatan, penyediaan katalog dan memberikan ruangan yang memadai untuk pembaca.
“Sehingga perpustakaan menjadi sumber informasi dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca. Diinformasikan juga bagi pembaca selain bisa mengunjungi perpustakaan bisa membaca langsung buku-buku koleksi kantor perpustakaan secara online di web www.jarpuda.kabtangerang.go.id. Sehingga bisa menjangkau bagi pembaca di seluruh Kabupaten Tangerang,” pungkasnya. (aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.