Jumlah Pedagang Pasar Curug Overload

CURUG,SNOL Jumlah pedagang di Pasar Curug diklaim sudah melebihi kapasitas atau overload. Kondisi itu berdampak pada sulitnya mengubah dan menata pasar menjadi lebih baik.
“Kondisi ini sudah disampaikan ke PD Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR) dengan harapan mendapat bantuan penambahan lahan. Kondisi pedagang di pasar ini sudah sangat penuh. Kapasitas kios atau los ada 1115 dan sudah terisi semua,” kata Didi Supiyadi, Mantri Pasar Curug, Senin (7/10).
Saat ini pihaknya hanya bisa melakukan perbaikan seperti merapihkan terpal-terpal kumuh yang menutupi area pasar. Sehingga untuk penataan pasar yang lebih baik, pihaknya membutuhkan lahan tambahan. “Kami sudah sampaikan kondisi kami ke PD Pasar NKR selaku pengeola pasar. Harapan kami ada kebijakan dari Pemkab Tangerang untuk membantu menyediakan lahan kosong, untuk penataan pedagang,” tukasnya.
Ketua Serikat Pedagang Kecil Kabupaten Tangerang, Dadang Karsa mengatakan pemerintah harus cermat dalam memberikan pembinaan bagi para pedagang, salahsatunya dengan penyediaan lokasi yang baik untuk berjualan. “Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 125 Tahun 2012 Pasal 23, dan Permendagri Nomor 41. Sebelum penataan harus ada pendataan yang akurat. Ada sekitar 200 pedagang kecil yang masih berjualan diarea publik,” terangnya.
Pihaknya dan Muspika Curug sepakat untuk melakukan penataan terhadap pedagang kecil dan PKL di sepanjang jalan protokol di Curug. “Kami sudah sepakat untuk bersinergi dalam melakukan pembinaan PKL. Sebetulnya pembinaan PKL merupakan ranah Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Komunikasi (Dishubkominfo), PD Pasar NKR dan instansi lainnya. Namun, koordinasi antar instansi tersebut tidak berjalan,” tegas Dadang.
Sementara itu, Camat Curug, Bay Barokna mengatakan hasil pertemuannya dengan Serikat Pedangang Kecil disimpulkan bahwa serikat akan melakukan pembinaan lebih dahulu kepada pedagang kecil atau PKL di Curug.
“Pembinaan ini penting untuk mengakomodir pedagang kecil. Namun untuk penataan pasar dan penyediaan lahan bagi pedagang kecil di pasar merupakan ranahnya PD Pasar NKR,” pungkasnya. (aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.