Harga Hewan Kurban Naik 40 Persen

TANGERANG,SNOL Meski Hari Raya Idul Adha tinggal sepekan lagi, namun sejumlah pedagang hewan kurban di sepanjang Jalan Raya TMP Taruna, mengeluhkan sepinya pembeli. Kondisi ini menurun sekitar 40 persen jika dibanding tahun lalu.
“Idul Adha tahun 2012 lalu, H-7 kami sudah berhasil menjual 25 ekor sapi, sedangkan sekarang baru sekitar 15 ekor saja. Mungkin H-3 atau H-2 baru ramai,” ujar Yulianto (31), salah satu pedagang hewan kurban di Jalan TMP Taruna kepada wartawan, Rabu (9/10).
Dikatakan Yulianto untuk harga hewan kurban khususnya sapi mengalami kenaikan sekitar 3-4 juta per ekornya. Untuk satu ekor sapi, dirinya mematok harga mulai Rp 12,5 juta -Rp 21 juta, sesuai dengan berat dan jenis sapi. Sedangkan untuk kambing harganya Rp2-3,5 juta.
“Khusus tahun ini, kami cuma membawa 53 ekor sapi atau berkurang 20 ekor jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 73 ekor. Sedangkan kambing hanya 35 ekor,” ujar pria asal Solo, Jawa Tengah ini yang mengaku sudah empat tahun berjualan hewan kurban di Kota Tangerang.
Ketika ditanya mengenai kesehatan hewan kurban yang dijualnya, Yulianto menjamin bahwa hewan kurban dagangannya bebas penyakit. Pasalnya hewan-hewan tersebut sudah melewati beberapa pemeriksaan kesehatan diantaranya di pos ternak Losari, Cirebon Jawa Barat. “Kalau ada hewan ternak kami yang sakit, petugas langsung di karantina dan tidak boleh dibawa. Selain itu, saat tiba di Kota Tangerang, petugas Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kota Tangerang, langsung melakukan pengecekan kesehatan,” pungkasnya. (made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.