Inggris v Polandia, Bukan 40 Tahun Lalu

LONDON,SNOL Gara-gara Polandia, Inggris pernah gagal melangkah ke Piala Dunia 1974. Dalam laga kualifikasi di Wembley pada 17 Oktober 1973, Inggris dipaksa bermain imbang 1-1.
Walhasil, satu tiket Piala Dunia ke Jerman Barat saat itu menjadi milik Polandia.
Nah, dini hari nanti, Inggris kembali harus menjamu Polandia di Wembley. Kemenangan akan memberikan Three Lions – sebutan Inggris –  satu tiket lolos dari grup G kualifikasi zona Eropa. Selain kemenangan bakal sangat riskan bagi Inggris karena rival terdekatnya, Ukraina, bisa menyalip.
Selain berselisih hanya satu poin (18-19), laga pemungkas Ukraina relatif mudah meski bukan home. Lawannya hanya San Marino, penghuni juru kunci yang selalu kalah dalam sembilan laga, termasuk dihajar sembilan gol tanpa balas oleh Ukraina di Lviv (6/9).
Inggris sebenarnya memiliki keuntungan karena Polandia tak memiliki peluang lolos ke playoff zona Eropa sekalipun. Berbeda dengan kisah 40 tahun lalu atau memori saat Kroasia mempermalukan Inggris 3-2 di Wembley dalam laga terakhir kualifikasi Euro 2008.
“Orang membandingkan-bandingkan situasi sekarang dengan 40 tahun lalu. Bagi saya, sekarang adalah sekarang karena kami memiliki kesempatan mengukir cerita baru,” kata kiper Inggris Joe Hart sebagaimana dikutip dari BBC Sport.
“Yang ada dalam pikiran kami hanya meraih kemenangan di depan fans dan lolos ke Brasil tahun depan. Sama sekali tidak terbersit bakal menjalani playoff,” sahut kapten tim Inggris Steven Gerrard di FourFourTwo.
Berbekal kemenangan meyakinkan 4-1 atas Montenegero empat hari lalu (11/10), Inggris memang lebih percaya diri. Statistik juga mencatat, sejak kekalahan 1-4 dari Jerman pada Juni 2010, Inggris tak pernah keok dalam laga kompetitif 2×45 menit.
Berkaca dari kemenangan atas Montenegero, pelatih Inggris Hodgson hampir pasti mempertahankan winning team saat mengalahkan Montenegro. Hanya, itu tidak akan terealisasi setelah full back kanan Kyle Walker terkena akumulasi kartu gara-gara pelanggaran bodoh menarik jersey Stevan Jovetic.
Seiring Glen Johnson masih menjalani recovery cedera dan Micah Richards tak dipanggil, praktis tak ada pemain di posisi full back kanan dalam skuad. Opsinya, Hodgson harus memilih antara duo Manchester United, Chris Smalling atau Phil Jones. Posisi asli keduanya memang bukan bek kanan, tapi sering dimainkan di posisi nomor 2 selama membela United.
Tapi, mengacu pernyataan kiper Polandia Artur Boruc, concern timnya tentang Inggris adalah barisan penyerang. “Permainan sepertinya akan lebih banyak di pertahanan kami karena Inggris memiliki striker hebat dan saya telah cukup merasakan berurusan dengan mereka di Premier League,” jelas kiper Southampton tersebut kepada Daily Mail.
Di sisi lain, angin segar berembus untuk Inggris seiring pernyataan pelatih Ukraina Mikhail Fomenko yang menyebut timnya telah bersiap menjalani playoff.
“Untuk mengalahkan Inggris di Wembley butuh permainan di level super. Realistis, saya tidak melihat Polandia dalam level itu sekarang. Saya juga tidak melihat kami lebih kuat dari Inggris sehingga saya tidak akan kecewa seandainya kami hanya finis kedua,” paparnya kepada The Mirror. (dns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.