Ratusan Buruh Mogok Kerja

Tuntut Rekannya Dipekerjakan Kembali
TANGERANG, SNOL Ratusan buruh PT Wingoh Albindo yang terletak di Jalan Paliman Jaya, No.22, Daan Mogot Km 19, Kecamatan Benda, melakukan aksi mogok kerja di depan pabriknya, Kamis (17/10). Ratusan buruh yang memproduksi plastic injection ini menuntut penghentian pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan terhadap rekannya.
“Kami minta, perusahaan tidak bersikap arogan. Ada delapan poin tuntutan kita. Di antaranya penghentian PHK sepihak, menjalankan UMK 2013 Kota Tangerang, pekerjakan kembali 19 karyawan yang di PHK sepihak dan jalankan program Jamsostek untuk seluruh karyawan tanpa terkecuali,” ujar Murdi darii Serikat Buruh Nusantara PT Wingoh Albindo.
Lebih lanjut Murdi mengatakan, jika tuntutan tersebut tak dipenuhi, maka seluruh karyawan akan mogok kerja hingga tiga hari kedepan. “Ini bukan hanya sekadar tuntutan, tapi hak kami sebagai pekerja,” ancam Murdi.
Hal senada juga dikatakan Hasmudi, salah seorang buruh yang juga tergabung dalam KASBI. Dirinya meminta pihak perusahaan mau mempekerjakan kembali 19 orang pekerja yang telah di PHK sepihak dengan dalih menjadi provokator dan kerap melakukan aksi menuntut hak kepada perusahaan.
Buruh lainnya, Tarno menambahkan, selama ini pihak perusahaan telah sewenang-wenang dengan hanya membayar gaji buruh sebesar Rp. 1.950.000, dimana seharusnya UMK Kota Tangerang yang berlaku adalah Rp. 2.203.000. Tidak hanya itu, uang lembur buruh agar dibayarkan penuh. “Kami minta perusahaan menjalankan keputusan Menteri No 231/men/2003 yang isinya wajib membayar upah minimum karyawan sesuai yang ditetapkan kota masing-masing,” tegasnya.
Sementara, Sekretaris SBN (Serikat Buruh Nasional) PT Wingoh Albindo, M Baihaqi mengaku selama ini pihaknya telah melakukan perundingan beberapa kali namun masih belum menemui titik temu. “Perundingan terus gagal, baik buruh dan perwakilan perusahaan. Karena itu kami para pengurus serikat buruh memutuskan menggunakan hak mogok kerja sebagaimana dalam Pasal 137 UUK No.13/2013 tetang mogok kerja yang kami laksanakan selama lima hari ini,” ujarnya.
Dalam aksinya massa menggelar demo dengan membawa berbagai poster dan spanduk bertuliskan berbagai tuntutan kepada PT Wingoh. Selain itu, mereka juga melakukan orasi bergantian antara buruh satu dengan yang lain. Rencananya aksi tersebut akan berlangsung selama tiga hari kedepan, terhitung sejak tanggal 17-19 Oktober 2013. Sampai berita ini diturunkan, pihak perusahaan belum ada yang menemui demonstran. (kiki/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.