118 Lulusan SMA Tersangka Narkoba

SERANG, SNOL—Meski pasal 114 jo 112, Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal seumur hidup. Namun, kasus narkoba di wilayah hukum Polda Banten meningkat.Pada tahun ini, Direktorat Narkoba Polda Banten berhasil mengungkap 135 kasus narkoba berbagai jenis. Kemudian mengamankan 214 tersangka. Dari jumlah tersangka, 118 tersangka lulusan SMA, 40 tersangka lulusan SD, 52 lulusan SMP, dan 4 tersangka berstatus mahasiswa.

Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Banten, AKBP Jerry Marpaung, Minggu (26/10) mengatakan, kasus tersebut hasil operasi selama Januari hingga September 2013 di wilayah hukum Polda Banten. “Rinciannya di Serang 65 kasus, Pandeglang 28 kasus, Lebak 19 kasus, dan Cilegon 23 kasus,” kata AKBP Jerry.

Barang bukkti yang berhasil diamankan pihak kepolisian, antara lain ganja seberat sekitar 12 kilogram, 62,87 gram sabu, dan 71 butir ekstasi. “Jenis narkoba yang kami amankan, rata-rata ganja,” ujarnya.

Untuk memberantas peredaraan dan penggunaan narkoba, pihaknya melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pelajar, mahasiswa, dan pengusaha, dan kalangan pemerintahan.

“Kami juga melakukan kerjasama dengan semua pihak, antara lain BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Banten,  Sekolah dan lembaga lain. Tujuannya, agar bersama-sama melakukan pemberantasan dan pelanggulangan bahaya narkoba. Karena kasusnya cukup tinggi,” imbuhnya. (bagas/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.