Johan Budi Tepis KPK Telisik Aliran Dana Kongres Demokrat

JAKARTA,SNOL Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini tidak menelusuri  aliran dana Kongres Demokrat yang digelar di Bandung pada Mei 2010 lalu.
Demikian ditegaskan Jurubicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo menanggapi kabar yang beredar bahwa institusi pimpinan Abraham Samad tengah menelisik aliran dana kongres PD melalui saksi-saksi yang telah diperiksa terkait dugaan gratifikasi yang diterima oleh mantan ketua umum PD, Anas Urbaningrum.
“Mengenai statemen-statemen saksi-saksi yang diperiksa terkait kongres, kan ada banyak saksi-saksi yang diperiksa, (contohnya) PT Adhi Karya. Jadi penyidik KPK tidak menelusuri aliran dana di kongres (Demokrat),” ujar Johan Budi kepada wartawan di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (31/10).
Diketahui, hingga saat ini tim penyidik KPK telah memeriksa sejumlah saksi seperti Andi Zulkarnaen Mallarangeng, Ramadhan Pohan, dan Max Sopacua untuk Anas Urbaningrum yang mengaku dicecar mengenai aliran dana Kongres Demokrat 2010 lalu.
Kendati demikian, Johan Budi mengatakan bahwa pihaknya hanya sebatas menyidik kasus dugaan penerimaan hadiah yang diterima oleh Anas Urbaningrum.
“KPK tidak mengusut kongres tapi berkaitan dengan peneriman dana yang dilakukan oleh tersangka AU (Anas Urbaningrum) terkait dugaan penerimaan dalam pengurusan proyek Hambalang dan proyek-proyek lainnya” jelasnya.(chris/wid/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.