Konsumsi Wortel Agar Sperma Gesit Berenang

SNOL. Nutrisi yang terkandung dalam wortel tidak hanya bagus untuk mata. Seperti halnya buah dan sayuran berwarna jingga lainnya, wortel juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sperma pada laki-laki agar mampu berenang lebih cepat.
Para ilmuwan dari Harvard University menyimpulkan hal itu setelah meneliti 200 laki-laki muda yang menjalani diet tertentu. Hasil pengamatan menunjukkan, responden yang makan sayur dan buah berwarna kuning dan jingga memiliki sperma dengan motilitas atau kemampuan bergerak lebih bagus.
Diyakini, kandungan yang menyebabkan sperma mampu bergerak lebih cepat adalah karetenoid yang di dalam tubuh akan diubah menjadi berbagai jenis antioksidan. Di antaranya adalah beta-karoten, yang di dalam tubuh diubah lagi menjadi vitamin A.
Antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas, yakni sekelompok atom perusak yang mengacaukan susunan DNA (Deoksiribo Nucleic Acid). Kerusakan itu bisa terjadi di sel manapun, termasuk sel sperma. Karenanya, asupan antioksidan akan menjaga kualitas sperma.
Melon dan ubi kuning bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, namun dari sekian banyak sayur dan buah berwarna kuning dan jingga, wortel memberikan efek paling besar. Peningkatan motilitas sperma pada laki-laki yang banyak makan wortel mencapai 8 persen.
“Data yang kami dapat menunjukkan bahwa diet yang mengandung karotenoid mungkin memiliki dampak positif terhadap kualitas sperma,” kata para ilmuwan, dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Fertility and Sterility, dilansir dari laman Daily Mail.
Temuan ini cukup menggembirakan setelah berbagai penelitian menunjukkan bahwa kualitas sperma yang dihasilkan laki-laki masa kini cenderung menurun. Salah satunya menunjukkan bahwa jumlah sel sperma yang diproduksi seorang lak-laki turun rata-rata 50 persen dalam beberapa dekade terakhir.(fny/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.