Rakhmansyah Jadi Plh Walikota

TANGERANG, SNOL Masa jabatan Plt Walikota Tangerang Arief R Wismansyah akan berakhir, Sabtu (16/11) besok. Karena hasil pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwakot) Tangerang masih belum diputus oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui radiogram tertanggal 14 November 2014 menunjukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Moh Rakhmansyah untuk melaksanakan tugas sehari-hari walikota.
Plt Walikota Tangerang Arief Wismansyah membenarkan pihaknya sudah menerima radiogram tersebut. Dalam radiogram yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah, Djohermansayh Djohan, masa tugas Plh Walikota akan berlangsung hingga ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah.
“Mengingat tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Tangerang masa jabatan tahun 2013-2018 belum selesai dan masih diproses di MK, maka untuk mengisi kekosongan pimpinan penyelenggaraan pemerintahan di Kota Tangerang diminta kepada saudara Sekda Kota Tangerang untuk melaksanakan tugas sehari-hari Walikota Tangerang sejak Wakil Walikota Tangerang berakhir masa jabatannya sampai dengan  adanya kebijakan lebih lanjut dari pemerintah,” kata Arief, mengutip salah satu butir pernyataan dalam radiogram tersebut.
Dengan adanya radiogram tersebut, kata Arief, maka sudah jelas bahwa tugas sehari-hari Walikota Tangerang nanti akan dilaksanakan oleh Sekda Kota Tangerang. “Jadi saya mohon agar masyarakat tidak bingung, bahwa sudah ada kebijakan dari pemerintah terkait kepemimpinan di Kota Tangerang,” tambah Arief.
Berdasarkan ketentuan perundang-undangan, sambungnya, penunjukan Sekda sebagai Plh Walikota memang dimungkinkan. Hal ini misalnya tertuang dalam Pasal 35 ayat (4) UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah serta dalam Pasl 131 ayat (4) Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2005.
Dengan telah ditunjuknya Plh Walikota Tangerang, Arief berharap agar roda pemerintahan di Kota berjuluk “Seribu Industri” bisa berjalan secara normal. Begitu pula kepada seluruh aparatur pemerintahan diharapkan bisa bekerja secara maksimal.
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2008-2013 memang akan berakhir pada 16 November besok. Sesuai dengan tahapan Pilkada, pelantikan walikota dan walikota periode 2013-2018 akan dilaksanakan pada 16 November. Namun, karena tahapan Pilkada belum selesai dan masih menunggu hasil putusan MK, jadwal pelantikan walikota dan wakil walikota yang baru belum bisa diketahui.
Ketua DPRD Kota Tangerang Herry Rumawatine menjelaskan, Plh hanya berwenang melaksanakan tugas harian Walikota. “Dia tidak boleh melakukan mutasi ataupun mengubah keputusan walikota terdahulu,” jelas Herry kepada Satelit News kemarin.
Herry menambahkan, masa jabatan Plh akan sangat tergantung hasil putusan MK terhadap sengketa gugatan pemilukada Kota Tangerang. “Kalau misalnya gugatan ditolak, maka tugasnya dia sampai walikota terpilih dilantik. Akan tetapi kalau sampai ada pemungutan suara ulang (PSU), bukan tidak mungkin akan sampai 2015,” jelasnya.
Seiring dengan tambahan jabatan yang diembannya, Rakhmansyah juga sekaligus menjabat sebagai Plt Sekda sekaligus Asisten Administrasi Umum (Asda III). “Tapi yang jadi persoalan adalah apakah Plh itu bisa menandatangani APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan UMK (Upah Mininum Kota), itu perlu dikonsultasikan lagi,” tegasnya. (kiki/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.