Kunci Sukses Menjadi Binaraga

SNOL. Beberapa waktu yang lalu, untuk pertama kalinya diadakan sebuah kejuaraan binaraga dan body fitness natural di Indonesia. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan natural bodybuilding dan bagaimana menjadi seorang natural bodybuilder?
Natural bodybuilding atau binaraga adalah sebuah kejuaraan binaraga di mana para peserta tidak diperkenankan mempergunakan obat-obatan penambah performa seperti anabolic steroid, insulin, diuretic, dan human growth horomone.
Kompetisi binaraga natural digelar oleh badan atau organisasi binaraga natural dengan prosedur yang ketat termasuk tes doping dan obat-obatan yang dilarang untuk memastikan peserta benar-benar natural. Juara kompetisi binaraga natural dunia akan mendapat gelar Natural Bodybuilding Champion.
Ada beberapa kunci sukses dalam natural bodybuilding, utamanyanya bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti kompetisi. Pertama adalah latihan dan diet yang tepat (bebas dari obat-obatan, termasuk steroid tentunya) dalam waktu yang cukup hingga beberapa tahun.
Sehingga memiliki massa otot yang cukup tebal untuk kemudian dipertajam definisinya menjelang kompetisi. Hal ini terutama sekali berlaku untuk yang memiliki genetik tubuh rata-rata.
Kemudian menjaga massa otot tetap lean dengan maintenance otot dalam masa tidak bertanding (off season). Ini karena ketika persiapan pra kompetisi, rata-rata natural bodybuilder lebih mudah kehilangan massa otot saat proses trimming dibandingkan bodybuilder yang menggunakan obat-obatan. Karenanya natural bodybuilder wajib menjaga massa ototnya (maintenance) dengan kadar lemak tidak lebih dari 10 persen setiap saat.
Selanjutnya membentuk otot tubuh yang simetris, terutama sekali untuk persiapan kompetisi internasional. Selain conditioning dan massa otot yang bagus, seorang natural bodybuilder harus memperhatikan pertumbuhan seluruh bagian otot tubuhnya.
Tidak hanya melatih otot lengan atau dada saja, tetapi melatih seluruh bagian otot tubuh agar terlihat simetris. Latihlah lebih banyak pada bagian otot yang belum atau kurang berkembang. Khusus pemula, hal ini harus dilakukan sejak awal memulai latihan beban.
Banyak orang berpikir dengan menggunakan steroid maka otot tubuhnya akan bisa cepat terbentuk seperti atlet binaraga profesional. Mereka menganggap steroid adalah jalan pintas pembentukan tubuh. Jika hal itu benar adanya, maka akan ada banyak atlet binaraga yang bisa menjadi jawara kejuaraan Mr Olympia atau Arnold Classic berikutnya. Tetapi hal tersebut tidak terbukti bukan” Meski anggap saja pengguna steroid di seluruh dunia sangat besar sekalipun.
Alih-alih mendapat otot yang diinginkan, pengguna steroid malah akan menderita berbagai macam gangguan kesehatan mulai dari jerawat yang meluas, kebotakan, gangguan jantung, dada membesar seperti payudara wanita, menjadi infertil (impoten), pembesaran prostat, kerusakan ginjal dan hati, pembengkakkan otak, dan bahkan meninggal sia-sia.
Para atlet binaraga profesional IFBB (International Federation of BodyBuilding & Fitness) memiliki otot tubuh yang bagus bukan semata-mata karena obat-obatan atau steroid, melainkan karena pola latihan bertahun-tahun yang intensif dan konsisten, diet yang super ketat, dan tentu saja respon luar biasa genetik tubuh mereka terhadap latihan dan diet tersebut.
Hasil tersebut tidak akan dapat diberikan steroid. Beruntunglah seorang natural bodybuilder tidak membutuhkan steroid, apalagi saat ini di mana kita bisa mendapat segala pengetahuan tentang latihan dan nutrisi yang terbaik untuk pembentukan tubuh.
Tentu saja ditambah dengan suplemen mutakhir penunjang fitnes selain protein seperti creatine, glutamine, dan nitric oxide booster yang akan sangat membantu seorang natural bodybuilder meraih target pembentukan otot tubuhnya.
Suplemen tersebut mampu bekerja dengan tanpa harus bersifat hormonal seperti steroid dan memberi manfaat serta hasil yang justru lebih terbukti dibanding penggunaan steroid, misalnya otot lebih nge-pump, otot pulih lebih cepat, dan bertambah kekuatannya.
Artinya, dengan bantuan suplementasi seperti yang disebutkan di atas, seorang natural bodybuilder sudah mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa efek samping akibat manipulasi hormon oleh steroid.
Kesimpulannya, latihan yang tepat dan asupan nutrisi yang baik akan menjadi faktor utama program pembentukan tubuh seorang natural bodybuilder. Jika kedua faktor tersebut dijalankan dengan baik maka Anda akan memperoleh fisik seorang natural bodybuilder dengan massa otot yang tebal dan terdefinisi dengan baik. Selamat mencoba dan tetaplah natural! (aan/zul/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.