Kasus Suap Akil Mochtar, KPK Periksa Bupati Lebak Terpilih

JAKARTA,SNOL KPK memeriksa Bupati Lebak terpilih Iti Octavia Jayabaya dalam kasus dugaan suap penanganan sengketa pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konstitusi (MK).
“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk AM (Akil Mochtar),” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha ketika dikonfirmasi, Senin (25/11).
Iti Octavia tiba di KPK sekitar 09.30 WIB. Ia tidak mengetahui pasti apa yang akan ditanya penyidik lembaga antikorupsi itu kepadanya. Namun, Iti Octavia menduga akan dimintai keterangan soal sidang perkara Lebak di MK. Pilkada itu dilakukan pemilihan suara ulang (PSU). “Karena hasil pilkada ulang PSUĀ  ini harus dilaporkan ke MK. Mungkin terkait itu,” katanya.
Awalnya, Iti Octavia tidak mengetahui ada suap terkait kasus dugaan suap Pilkada Lebak. Ia baru mengetahuinya belakangan dari pemberitaan yang ada.
“Kalau dengar dari berita itu bahwa ini putusan MK terkait dengan putusan PSU kabupaten ini ada suap di belakangan,” kata Iti Octavia.
Ia menyatakan, tidak pernah dimintai uang oleh Akil saat proses penanganan sengketa Pilkada Lebak di MK. “Oh tidak. Karena hasilnya Kabupaten Lebak sudah cukup bagus ya,” kata Iti Octavia.
Seperti diketahui, KPK menetapkan Akil sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan sengketa Pilkada di Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Lebak, Banten.
Ia juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan hadiah terkait penanganan sengketa pilkada di MK. Penerimaan ini di luar Pilkada Gunung Mas dan Lebak. Selain itu, Akil ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang. (gil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.