Kejagung Cegah Dokter Ayu Cs

JAKARTA,SNOL Kejaksaan Agung meminta pihak imigrasi mencegah bepergian ke luar negeri tiga dokter yang diputus Mahkamah Agung bersalah melakukan malpraktik di Manado, Sulawesi Utara.
“Cegah baru dari Kejaksaan Agung atas nama dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani, Hendry Simanjuntak, dan Hendy Siagian,” ujar Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Rabu (27/11).
Menurut Denny, ketiganya dicegah berdasarkan surat permintaan dari Kejagung tertanggal 26 November 2013. Pencegahan berlaku selama enam bulan ke depan.
“Ketiganya berdasarkan Putusan MA RI Nomor 365/K/Pid/2012 tanggal 18 September 2012 dinyatakan bersalah dalam perkara tindak pidana karena kealpaan menyebabkan matinya orang lain,” jelas Denny.
Diketahui, dokter Ayu dan dokter Hendry Simanjuntak dijemput tim Kejaksaan Negeri Manado dari tempat tugasnya, menyusul vonis kasasi atas perkara pada tahun 2010 itu. Satu dokter lagi masih dicari keberadaannya.
Di pengadilan negeri ketiga dokter itu divonis bebas. Namun, MA mengabulkan kasasi jaksa dengan menvonis ketiganya 10 bulan penjara. Saat hendak dieksekusi pada 2012, ketiga dokter tidak diketahui keberadaannya.
Hampir setahun masuk dalam daftar pencarian orang, kini dua dokter tersebut ditangkap. Buntut dari penahanan dokter Ayu dan dokter Hendry, kecaman datang dari berbagai organisasi kedokteran yang dikomandoi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).  IDI pun menyerukan aksi solidaritas dokter kandungan untuk melakukan aksi mogok kerja pada hari ini.(sam rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.