Mulai Januari, Kendaraan Berplat di Luar Banten akan Diamankan

LEBAK,SNOL Bagi anda warga Lebak yang memiliki kendaraan berplat nomor di luar Provinsi Banten, mungkin bisa diubah dari sekarang menjadi plat nomor Banten. Mulai awal tahun 2014, semua kendaraan milik warga Lebak yang tidak berplat Banten akan diamankan oleh petugas Sat­pol PP Provinsi Banten.
Kebijakan tersebut dikeluar­kan oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pa­jak Kendaraan Bermotor (PKB). “Kebijakan razia juga dikeluarkan dalam rangka menegakkan Perda (Peraturan Daerah-red) Provinsi Banten Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah dan Perda Provinsi Banten Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah,” kata Komari, Kepala Satpol PP Provinsi Banten saat menjadi narasumber dalam sosialisasi ter­hadap masyarakat daerah perba­tasan dalam penggunaan kenda­raan berplat nomor di luar Banten, di aula Hotel Mutiara, Kecamatan Kalanganyar, Rabu (11/12).
Mulai saat ini hingga akhir De­sember mendatang, pihaknya ber­sama DPPKD Provinsi Banten dibantu Pemkab Lebak akan terus mensosialisasikan kebijakan ini kepada setiap warga Lebak, teru­tama daerahnya yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat seperti Kecamatan Cipanas, Muncang, Curugbitung (berba­tasan langsung dengan Kabupaten Bogor) dan beberapa kecamatan di selatan yang berbatasan lang­sung dengan Kabupaten Sukabu­mi seperti Kecamatan Cilograng, Cibeber dan Kecamatan Pangga­rangan.
“Apalagi berdasarkan data yang kita terima dari Pemkab Lebak, mayoritas kendaraan yang berplat di luar Banten dimiliki oleh warga yang berada di daerah perbatasan tersebut,” terangnya. Lalu berapa target PAD dari PKB di wilayah Kabupaten Lebak setiap tahun­nya? Komari enggan berkomen­tar banyak. “Kalau soal itu (target PAD dari PKB-red) silahkan tan­ya DPPKD,” pinta mantan Kepal Biro Humas Pemprov Banten ini.
Kepala DPPKD Provinsi Bant­en pada Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rangkasbitung Didi Cipnadi mengakui PKB dari wilayah Lebak tahun 2013 ini yang ditarget Rp25,79 miliar, hanya tercapai Rp 23,2 miliar. “Salah satu faktor tidak tercapain­ya PAD dari PKB ini karena ban­yaknya kendaraan bermotor yang membayar pajak di luar wilayah Provinsi Banten. Target PAD dari PKB ini tiap tahunnya meningkat minimal lima persen,” ujar Didi.
Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Ka­bupaten Lebak pada awal Desem­ber tahun 2013 ini, dari 79.587 kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, 30 persen dianta­ranya adalah kendaraan berpelat di luar Provinsi Banten, atau jum­lahnya sekitar 23.876 unit. “Kalau kita tentu menyambut baik dengan adanya kebijakan razia atau tilang kendaraan yang berplat di luar Provinsi Banten,” harap Kepala Dishubkominfo Lebak Kosim An­sori. (ahmadi/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.