Adik Ratu Atut Resmi Dijerat Pasal TPPU

JAKARTA,SNOL Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menjerat adik kandung Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
Penetapan pasal ini didasarkan hasil pengembangan kasus suap dalam penanganan sengketa Pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi, termasuk dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Tangerang Selatan dan Provinsi Banten.
“Berkaitan dengan pengembangan penyidikan tindak pidana korupsi atas tersangka TCW, penyidik telah menemukan dua alat bukti permulaan yang cukup dengan dugaan terjadinya TPPU atas nama TCW,” ujar Jurubicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo kepada wartawan di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (13/1).
Johan menjelaskan, Wawan diduga telah melanggar pasal 3 dan atau 4 UU 8/2010 tentang TPPU jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Wawan juga diduga telah melanggar pasal 3 ayat 1 dan atau pasal 6 ayat 1 UU 15/2002 diubah UU 25/2003 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
“Diduga dalam menempatkan, mentransfer, membelanjakan, dan mengubah bentuk kekayaannya yang diduga dari hasil tindak pidana korupsi,” terang Johan.
Dengan ditetapkannya pasal TPPU terhadap Wawan, menurut Johan, KPK akan bekerja sama dengan PPATK untuk menelusuri aset kekayaan dan transaksi keuangan suami dari Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, tersebut.(chris/wid/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.