Bupati Lampung Selatan Bantah Beri Uang ke Susi dan Akil

JAKARTA,SNOL Bupati Lampung Selatan, Rycko Menoza mengakui mengenal advokat Susi Tur Andayani. Tapi, dia membantah memberikan uang kepada Susi untuk mengurus kemenangannya dalam sengketa pemilukada di MK.
“Ooh enggak ada (pemberian uang) karena pada saat itu posisi kita optimis. Saat itu jarak suara dengan kandidat kedua berkisar 40 ribu suara atau sekitar delapan persen jadi saat itu kita yakin dan optimis memenangkan pilkada di KPU maupun di MK,” kata Rycko seusai menjalani pemeriksaan hampir lima jam di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (15/1).
Rycko mengaku mengenal Susi karena dia menjabat sebagai staf ahli bidang hukum di Pemerintah Provinsi Lampung. Adapun ayah Rycko, Siachroedin ZP menjabat sebagai gubernur Lampung.
Rycko membantah kabar yang menyebutkan bahwa dirinya pernah memberikan uang sebesar Rp 2 miliar terkait pengurusan sengketa buat Akil Mochtar. Uang itu diserahkan melalui Susi, yang juga dikenal sebagai kaki tangan Akil di Pecenongan pada 25 Juli 2010 atau beberapa saat sebelum putusan MK terkait sengketa Pilkada Lampung Selatan. Tapi, anak sulung gubernur Lampung itu mengaku mengenal Akil. Sebab, kata dia, dirinya merupakan pengurus organisasi Pemuda Pancasila, tempat Akil bernaung sebagai pengurus pusat.
“Kenal Pak Akil di organisasi Pemuda Pancasila. Beliau pengurus pusat, saya pengurus daerah,” terang Rycko.
Dalam pemeriksaan tadi, Rycko mengaku dicecar dua puluh pertanyaan seputar Akil Mochtar dan Susi Tur Andayani. Salah satunya, mengenai apakah dirinya kenal dengan dua tersangka itu. Selain itu, Rycko juga ditanya mengenai apakah dirinya pernah hadir dalam sidang sengketa Pilkada Lampung Selatan itu.
“Saya tidak pernah ikut sidang sejak awal sampai akhir putusan MK di keluarkan,” kata Rycko menekankan.(wid/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.