Inilah Alasan KPK Periksa Rano Karno

JAKARTA,SNOL Gubernur Banten, Rano Karno hingga kini masih menjalani pemeriksaan secara intensif oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rano Karno diperiksa sebagai saksi dalam perkara suap sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk tersangka Akil Mochtar.
Lalu apa kaitan Kader PDI Perjuangan itu dengan perkara Akil Mochtar?
“Kita (KPK) menduga bahwa ada dugaan sengketa Pilkada Banten 2011 yang ditangani AM itu juga bermasalah,” terang Jurubicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo dalam keterangan pers di kantornya, Jumat (17/1).
Rano Karno diketahui maju dalam Pigub Banten berpasangan dengan Ratu Atut Chosiyah. Dalam pelaksanaannya, Pilkada tersebut sempat bermasalah dan melalui proses sidang sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Tapi, akhirnya sekitar akhir November 2011 lalu, MK memutuskan untuk memenangkan pasangan Atut-Rano.
Nah, pemanggilan Rano, yang juga pemeran Sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” itu dilakukan juga untuk mengklarifikasi mengenai dugaan Akil Mochtar ikut cawe-cawe dalam salah satu sengketa pilkada yang disidangkan di MK itu.
“Untuk itu salah satu saksi yang dipanggil adalah Rano Karno yang kita minta keterangan sebagai saksi untuk AM,” terang Johan Budi.
Kata Johan, pihaknya sampai saat ini juga terus mengembangkan kasus sengeketa Pilkada di MK yang menjerat Akil. Tak tertutup kemungkinan pihaknya juga akan melacak seluruh sengketa Pilkada-pilkada lain yang pernah ditangani oleh Akil Mochtar.
“Sepanjang ada informasi dan bukti tentu KPK akan diusut,” demikian Johan.
Selain Rano Karno, sebelumnya KPK juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pasangan-pasangan lain yang ikut maju dalam Pilkada Banten tahun 2011 silam. Mereka yakni, Wahidin Halid, dan Jazuli Juwaini. KPK juga pernah memeriksa Ketua KPU Banten, Hambali. Mereka semuanya diperiksa untuk tersangka Akil Mochtar.(wid/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.