Runway Bandara Soetta Bisa Terendam

JAKARTA,SNOL Jika proyek sodetan Ciliwung-Cisadane jadi dilaksanakan, itu bakal mengancam Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).
Bandara yang jadi pintu masuk ke tanah air itu akan terkena dampak banjir bila proyek sodetan Ciliwung-Cisadane terealisasi.
Dampaknya, penerbangan akan kacau karena Runway Utara dan Terminal III Bandara Soetta terancam banjir hingga ketinggian lebih dari 50 centimeter.
Manajer Umum Kantor Cabang PT Angkasa Pura (AP) II, Yudis Tiawan mengakui ada kekhawatiran Runway Utara dan Terminal III Bandara Soetta akan terendam banjir jika proyek sodetan Ciliwung-Cisadane jadi dikerjakan.
”Memang ada kekhawatiran bandara terendam banjir kalau memang sodetan itu benar-benar teralisasi. Karena dengan menerima limpahan air dari Sungai Ciliwung maka debit Sungai Cisadane meningkat,” terang Yudis, kemarin (22/1).
Menurut Yudis juga, walaupun belum ada pembahasan resmi di internal bandara namun rencana sodetan Ciliwung dan Cisadane sudah menimbulkan kekhawatiran tersendiri.
”Bandara itu kan posisinya sangat dekat dengan Sungai Cisadane. Jelas kalau sampai proyek sodetan Ciliwung-Cisadane terlaksana, pasti wilayah bandara juga akan ikut terendam,” paparnya juga.
Meski begitu, Yudis menegaskan pihaknya mempercayakan sepenuhnya rencana penolakan proyek sodetan Ciliwung-Cisadane ke pemerintah daerah masing-masing.
”Kami yakin pemerintah daerah sudah bisa mewakili pihak Bandara Soekarno-Hatta tentang risiko yang akan timbul jika sodetan Sungai Ciliwung-Cisadane dilakukan,” katanya juga.(gin/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.