Awas, Jembatan Kalahang Rapuh

Pondasinya Ambrol
PANDEGLANG,SNOL Bagi anda yang hendak melintasi jembatan Kalahang, di Kampung Kalahang Nyomplong Landeuh Desa Kalahang Kecamatan Cimanuk, sebaiknya berhati-hati. Di tikungan ini, selain tidak dilengkapi dengan Penerangan Jalan Umum (PJU), pondasi kanan jembatannya sudah ambrol.
Jika malam hari, disekitar jembatan dipastikan gelap gulita. Kalaupun ada penerangan dari rumah warga, tidak menerangi hingga ke jalan raya yang menghubungkan Batubantar-Mekarjaya. Karenanya, dibutuhkan kehati-hatian saat melintasinya.
Dari kejauhan, jembatan memang tidak nampak rusak. Namun saat jarak pandang sudah 50-100 meter, akan tampak posisi jembatan yang rawan kecelakaan. Belum lagi, kondisi jalan yang licin akibat banyaknya krikil kecil di tikungan tersebut.
Rudi, warga setempat mengatakan, ambrolnya pembatas atau tiang jembatan itu terjadi pekan lalu. Bongkahannya langsung jatuh ke sungai di bawahnya. Beruntung, tidak ada pengendara atau pejalan kaki saat kejadian tersebut sehingga tidak ada korban.
“Nggak ada yang nyangka kalau tiangnya bakal ambrol. Memang sudah lama sekali jembatan itu tidak diperbaiki,” terangnya, Minggu (2/3).
Setelah ambrolnya tiang samping jembatan berukuran 6×3 meter itu, warga khususnya pengendara motor maupun mobil, agar lebih berhati-hati saat melintasinya. Namun demikian, akan sangat membahayakan bagi pengendara yang datang dari luar Cimanuk atau mereka yang belum mengetahui kondisi jembatan yang sebenarnya.
Anggota DPRD asal Batubantar Kecamatan Cimanuk, Anton Haerul Samsi menyatakan, guna meminimalisir korban kecelakaan, di dekat jembatan harus diberi tanda atau rambu hati-hati. “Untuk pembangunan atau perbaikan jembatan itu, kami akan upayakan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), sebelum kerusakan jembatan itu lebih parah,” ungkapnya.
Pantauan dilokasi, aliran sungai di bawah jembatan Kalahang tidak terlalu besar. Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun, jika musim hujan atau diguyur hujan berturut-turut, luapan air sungai bisa sampai ke jalan raya. (mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.