Laporan Dana Kampanye Partai Dikebut dalam Sehari Semalam

JAKARTA,SNOL Tidak jauh beda dengan Pusat, laporan dana kampanye partai politik daerah juga dilakukan pada masa injury time.
Mayoritas partai politik di daerah melaporkan dana kampanye juga di menit-menit terakhir di hari terkahir jelang penutupan pukul 18.00 waktu setempat, kemarin, Minggu, (2/3).
Demikian disampaikan Deputi Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz, Senin (3/2) pagi.
D iantara hasil temuan JPPR tentang peristiwa pelaporan yang berada dimenit-menit terakhir misalnya, terjadi di KPU Kabupaten Blitar. Yaitu partai Gerindra baru laporan pukul 17.45. Di KPU Kota Cirebon, PKPI baru melaporkan pukul 17.30. Di KPU Kabupaten Sumenep, PKPI melaporkan pukul 17.00.
Sementara di KPU Purworejo pada pukul 17.00 baru 7 parpol yang laporan. Di KPU Kabupaten Bogor pukul 15.00 baru 7 parpol yang laporan. Di KPU Kabupaten Nganjuk pukul 16.00 terdapat 9 parpol yang laporan. Di KPU Kota Bandung pukul 16.30 terdapat 4 parpol yang belum laporan yaitu PDIP, Hanura, PKPI dan Demokrat.
Menurutnya, laporan partai politik yang dilakukan injury time ini menunjukkan manajemen administrasi keuangan partai politik masih jalan ditempat.
“Pengelolaan dana kampanye antara partai politik dan calon legislator belum terkonsolidasi dengan cepat sehingga partai politik membutuhkan waktu dan koordinasi yang panjang dan lama untuk mensistematisir laporan pendanaan kampanye dan melaporkannya ke KPUD,” ungkapnya.
Oleh karena itu, sistem pengelolaan keuangan dan pendanaan kampanye partai politik, tercermin dari pelaporan hari ini yang last minutes, menunjukkan partai politik masih memakai sistem kebut sehari semalam, tidak dipersiapkan jauh-jauh hari.
“Apabila pemasukan ataupun pengeluaran dana kampanye partai politik dan caleg terekam secara administratif dengan baik sejak awal kampanye maka partai politik tidak serepot seperti saat ini,” tandasnya.(zul/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.